10 Bahaya Merokok

Siapa yang tak tahu rokok? Barang berbentuk silindris dengan panjang 70 mm atau 112 mm yang didalamnya ada tembakau disertai zat-zat lainnya yang dibakar ujungnya lalu dihirup asapnya melalui ujung satunya menjadi salah satu barang yang banyak penikmatnya.

Perlu kita ketahui, bahwa rokok mengandung zat adiktif yang menyebabkan pemakainya ketagihan. Ternyata didalam rokok terdapat 4000 bahan kimia berbahaya yang 69 diantaranya merupakan zat karsinogenik (dapat menimbulkan kanker). Zat berbahaya yang mungkin kita dengar seperti Nikotin, tar, karbon monoksida, arsen,sianida dll memiliki efek yang berbeda-beda. Tanpa disadari para perokok di dunia menghisap zat-zat berbahaya tersebut. Padahal sudah tertulis dengan jelas dibungkusnya bahwa rokok berbahaya dan menyebabkan berbagai penyakit.

Nah berikut ini bahaya dari bahan-bahan yang ada di rokok

  1. Nikotin

Nikotin termasuk ke dalam zat psikotropika yang berbahaya dan pada rokok menyebabkan kecanduan. Akibat dari konsumsi nikotin sendiri adalah menyebabkan kecanduan atau ketagihan sehingga rasanya ingin terus merokok. Jika tidak merokok rasanya seperti ada yang kurang. Selain itu nikotin juga menyebabkan dinding arteri mengeras dan darah juga bisa beku.

Wah bahaya bukan jika sering dikonsumsi?

  1. Tar

Siapa sangka, ternyata tar adalah bahan dasar untuk aspal. Lantas bagaimana jika terus dihisap oleh perokok. Ternyata kandungan tar yang ada di rokok yang menyebabkan kanker. Karena tar akan menempel pada paru yang akan menakibatkan iritasi bahkan kanker. Selain itu juga menyebabkan produksi lender di paru-paru meningkat dan membunuh sel pembuluh darah.

Yakin masih mau merokok?

  1. Karbon Monoksida

Karbon monoksida biasanya dikeluarkan oleh asap kendaraan. Ternyata gas inilah yang mengikat hemoglobin, yang mengakibatkan oksigen berkurang. Jika sudah begitu aliran darah berkurang sehingga jantung sulit memompa darah.

  1. Zat Karsinogen

Zat ini berpengaruh pada tubuh sang perokok. Yaitu memicu tumbuhnya sel kanker. Jika terus menerus mengkonsumsi maka sel kanker bisa tumbuh dengan cepat.

  1. Zat Iritan

Zat ini yang mengotori paru-paru sehingga anda bisa mengalami batuk-batuk.

Selain kelima zat diatas, masih banyak zat lainnya yang berbahaya. Setelah mengetahui pengaruh zat-zat diatas, selanjutnya ada bahaya merokok jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan aktif :

  1. Kanker

Kita ketahui salah satu zat berbahaya dalam rokok memicu pertumbuhan sel kanker. Ternyata kanker paru-paru yang disebabkan karena rokok menjadi bahaya rokok terbesar dan banyak yang meniggal karena kanker ini. Selain kanker paru-paru, rokok juga menyebabkan kanker kandung kemih, kanker ginjal, kanker pencernaan, kanker kerongkongan, kanker serviks dll.

  1. Jantung

Tadi sudah disebutkan zat yang mengikat hemoglobin, yang mengakibatkan kadar oksigen sedikit sehingga jantung tidak bisa bekerja secara maksimal. Sehingga tak sedikit perokok yang mempunyai masalah dengan jantungnya.

  1. Impotensi
  2. Bahaya Pada Janin dan Ibu hamil.