3 Penyebab Sakit Perut

Sakit perut merupakan suatu kondisi muculnya rasa sakit yang terjadi di daerah perut. Semua orang yang ada di dunia ini pernah memiliki keluhan sakit pada perut mereka. Para penderita sakit perut ini akan merasakan rasa sakit yang berbeda-beda seperti kram, perih, hingga seperti ditusuk-tusuk pada bagian perut. Biasanya para penderita sakit perut menganggap entang dan menganggap bahwa rasa sakit yang timbul akan segera hilang dengan sendirinya tanpa memerlukan bantuan medis apapun atau memeriksakannya ke rumah sakit.

Namun anda harus mewaspadai apabila timbul rasa sakit pada perut anda karena bisa saja itu merupakan suatu gejala dari penyakit tertentu yang dapat mengganggu kesehatan anda. Anda harus bisa melakukan deteksi awal dengan mengetahui penyebab dari terjadinya sakit perut yang anda rasakan untuk selanjutnya dilakukan antisipasi lain dengan menangani rasa sakit tersebut. karena sakit perut ini dapat disebabkan oleh banyak alasan.

Berikut ini merupakan penyebab dari munculnya rasa sakit sakit pada perut

  1. Sakit perut karena diare

Diare adalah penyakit yang sering terjadi pada masyarakat Indonesia terutama anak-anak. Apabila anda mengalami kram perut yang disertai dengan diare kemungkinan besar itu terjadi akbibat adanya peradangan pada lambung dan usus karena infeksi virus dan bakteri. Untuk itulah anda harus segera melakukan pertolongan pertama dengan oralit untuk mengurangi diare yang dapat membahayakan tubuh anda. Saat diare tubuh akan terus-menerus mengeluarkan cairan sehingga akan tubuh sangat rentan mengalami dehidrasi. Diare biasanya terjadi akibat adanya bakteri salmonella dan campylobacter yang mengkontaminasi makanan yang anda konsumsi sehingga menimbulkan diare. Saat perut kram dengan disertai diare dan muntah akan membuat kondisi tubuh anda menjadi sangat lemah untuk itu anda harus segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

  1. Sakit perut akibat masuk angin

Masuk angin merupakan suatu kondisi dimana perut mengalami kram, kembung, dan ditandai dengan seringnya sendawa oleh para penderitanya. Sakit perut yang diakibatkan oleh masuk angin ini sangat sering terjadi di Indonesia. Untuk mengobatinya anda dapat membeli obat-obat anti masuk angin yang sudah banyak dijual di apotek-apotek di Indonesia. Selain itu untuk mengurangi rasa sakit pada perut akibat masuk angin, anda dapat meminum air jahe hangat untuk meredakan rasa sakit yang muncul.

  1. Sakit perut yang terjadi tiba-tiba

Anda harus mewaspadai apabila terjadi sakit pada bagian perut dan terjadi secara tiba-tiba. Karena itu bisa saja merupakan gejala-gejala dari penyakit yang membahayakan kesehatan anda. Penyakit-penyakit seperti usus buntu, batu ginjal, tukak peptik, batu empedu, atau divertikulitis menunjukan gejala yang memberikan rasa sakit pada perut yang muncul secara tiba-tiba. Oleh karena itu apabil anda merasakan sakit perut pada bagian kanan, kiri, atau tengah segera periksakan diri anda ke dokter untuk selanjutnya didiagnosis apa penyebabnya.