3 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Jika anda merasakan timbulnya rasa sakit pada perut sebelah kanan anda maka hal itu jangan dibiarkan begitu saja karena bisa jadi itu merupakan gejala yang ditimbulkan dari penyakit tertentu. Namun banyak orang yang memilih untuk membiarkannya dan beranggapan bahwa rasa sakit yang muncul pada perut sebelah kanan mereka akan segera hilang serta sembuh dengan sendirinya tanpa perli penanganan medis yang cukup.

Sakit perut yang anda rasakan tersebut dapat sisebabkan oleh adanya peradangan yang terjadi pada organ-organ yang terdapat di dalam perut anda. Sakit perut yang dirasakan ini biasanya berada di bagian kanan, kiri, atau tengah. Rasa sakit ini muncul di bagian-bagian yang berbeda karena penyebabnya pun berbeda-beda. Dan apabila anda merasakan sakit perut di sebelah kanan maka itu terjadi akbibat adanya masalah pada usus buntu, batu ampedu, kolesistitis, atau organ-organ lainnya yang terlehak pada perut bagian sebelah kanan.

Berikut ini adalah 3 penyebab dari sakit perut sebelah kanan yang anda rasakan

  1. Radang Usus Buntu

Radang usus buntu (Apendisitis) adalah penyebab yang paling umum apabila munculnya rasa sakit di bagian kanan perut. Radang usus buntu terjadi karena adanya penyumbatan pada bagian usus buntu yang mengakibatkan pembengkakan sehingga timbulnya rasa sakit yang anda rasakan di perut sebelah kanan. Dan rasa sakit yang ditimbulkan oleh radang usus buntu ini biasanya menetap yaitu di perut sebelah kanan bawah yang apabila digerakan akan semakin sakit dan menyiksa. Saat anda merasakan gejala tersebut ditambah dengan mual, muntah disertai demam maka anda harus segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan yang tepat dan cepat. Biasanya dokter akan memberikan penanganan dengan melakukan operasi pengangkatan usus buntu yang mengalami infeksi.

  1. Batu ginjal

Sakit perut yang anda rasakan di sebelah kanan ini bisa saja terjadi akibat adanya batu ginjal. Rasa sakit yang ditimbulkan ini biasanya selalu muncul tiba-tiba dan terjadi di sebelah kanan perut hingga ke pinggang. Rasa sakit yang muncul diakibatkan oleh batu ginjal ini intensitasnya akan sesuai dengan seberapa besatnya batu yang terdapat di dalam ginjal anda. Apabila batu yang terdapat di dalam ginjal anda sudah melebihi ukuran 7 mm maka anda harus segera melakukan pembedahan untuk mengeluarkannya agar rasa sakit yang ditimbulkan tidak akan menyiksa anda. Oleh karena itu jika sakit perut pada sebelah kanan ini terjadi akibat oleh adanya batu ginjal maka anda harus melakukan pemeriksaan yang tepat.

  1. Kolik biller

Kolik biller merupakan rasa sakit yang sering muncul tiba-tiba pada bagian perut sebelah kanan. Hal ini dikarenakan oleh adanya penyumbatan pada saluran empedu yang diakibatkan oleh batu empedu. Rasa sakit yang dirasakan ini dapat berlangsung beberapa menit saja bahkan dapat beberapa kasus dapat terjadi hingga satu jam setelah mengkonsumsi makanan yang berlemak.