Kesehatan

5 Ciri Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi biasanya dialami oleh orang dewasa atau lanjut usia. Banyak faktor yang menyebabkan kolestrol tinggi. Sedangkan kita ketahui jika kolestrol di tubuh tinggi tentu akan menghambat kinerja tubuh bukan?

Banyak kemungkinan yang terjadi ketika kolesterol tinggi, misalnya kemungkinan terkena stroke, kanker, resiko terkena penyakit jantung dan lain sebagainya. Penyebabnya juga dari berbagai hal, seperti gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak sehat. Konsumsi lemak yang berlebihan ternyata tidak baik buat tubuh, karena dapat menumpuk dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan akibatnya seperti kemungkinan yang tadi sudah disebutkan.

Mungkin ciri kolestrol tinggi tidak bisa dilihat secara kasar mata, pengujian bisa dilakukan dengan menguji kadar LDL pada darah. Namun menurut beberapa pendapat ada beberapa ciri kolesterol tinggi pada manusia. Berikut ini ada beberapa ciri kolestrol tinggi yang mungkin belum diketahui banyak orang :

  1. Nyeri Dada

Kita biasanya menganggap nyeri dada seketika adalah hal yang wajar. Namun ternyata ada beberapa indikasi ketika dada anda nyeri. Aliran darah menuju jantung yang tidak lancar mengakibatkan nyeri dada, hal ini dikarenakan adanya penumpukan lemak pada arteri. Kondisi ini merupakan salah satu cirri kolesterol tinggi, jika dibiarkan saja bisa beresiko terkena penyakit jantung.

  1. Sulit Bernafas

Ciri kolestrol tinggi selanjutnya adalah sulit bernafas. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang obesitas. Karena lemak yang menumpuk pada arteri tubuh berlebihan, sehingga mengganggu system pernafasan. Karena jantung sudah tidak bisa bekerja dengan baik jika oksigen yang masuk hanya sedikit. Hal inilah yang menjadikan orang sulit bernafas.

  1. Sakit Tangan dan Kaki

Biasanya hal ini dialam oleh orang dewasa. Ia akan mengalami penurunan kekuatan saat mengangkat benda dan menggerakkannya. Sakit ini tentu akan membuat anda tidak nyaman, selain itu jika sering mengalami kesemutan pada tangan dan kaki bagi orang yang sudah tua juga harus diperhatikan. Kondisi ini menjadi salah satu ciri kolestrol tinggi yang dikarenakan kolestrol menghambat aliran darah ke bagian tangan dan kaki.

  1. Nyeri Leher dan Punggung

Orang yang mempunyai tekanan darah tinggi kemungkinan kadar kolestrol juga tinggi sehingga bisa menyebabkan nyeri pada leher dan punggung. Hal ini dikarenakan tekanan darah tinggi menyumbat pembuluh darah. Maka ini hal yang lumrah bagi orang yang mempunyai tekanan darah tinggi dan kolestrol.

  1. Sering Kesemutan

Biasanya jika kita terlalu lama duduk sila kita akan merasakan kesemutan. Hal ini dikarenakan aliran darah yang tidak lancar. Dikhawatirkan jika keseringan terjadi berarti ada sesuatu yang tidak beres. Salah satunya akrena tingginya kadar kolesterol pada tubuh.

Itulah 5 ciri klesterol tinggi. Selain dari kelima hal diatas juga masih ada hal lainnya, seperti sering sakit kepala, muka memerah, tubuh tidak seimbang dan mudah lelah bisa menjadi hal yang perlu dikhawatirkan. Karena lebih baik mengetahui sejak awal sebelum terlanjur parah.