Kesehatan

Adakah Larangan Saat Haid Yang Harus Ladies Ketahui?

Haid atau menstruasi merupakan kondisi alami yang dijalani wanita sehat setiap bulannya. Ini merupakan proses dimana sel-sel telur yang tidak dibuahi dan menempel didinding rahim luruh dan keluar melalui vagina. Meskipun ini adalah hal yang normal terjadi pada wanita sehat, tidak sedikit yang penasaran dengan larangan saat haid. Ada yang mengatakan bahwa saat haid tidak boleh makan makanan tertentu atau melakukan aktifitas tertentu. Namun sebelum mempercayai atau mempraktekkan anjuran atau larangan ketika haid, ada baiknya untuk dicari tahu apakah informasi tersebut fakta atau hanya mitos belaka yang dipercaya orang-orang jaman dahulu ketika teknologi dan kesehatan belum begitu berkembang.

Lalu adakah larangan bagi wanita saat haid?

Sebenarnya dalam dunia medis tidak ada larangan tertentu ketika wanita sedang haid. Kebanyakan larangan atau pantangan yang beredar luas dimasyarakat adalah mitos yang tidak bisa dibuktikan secara medis. Namun memang ada beberapa anjuran atau pantangan untuk wanita saat haid namun lebih kepada faktor kenyamanan dan kelancaran haid itu sendiri. Berikut beberapa larangan untuk wanita yang sedang haid agar bisa menghindari ketidaknyamanan:

  • Minum minuman beralkohol saat haid nyatanya dilarang secara medis. Ini karena tingkat progesteron tubuh meningkat saat masa ovulasi. Dampaknya, efek alkoholpun lebih meningkat. Ini bisa menganggu siklus tidur anda. Selain minuman beralkohol, minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh atau coklat juga sebaiknya dikurangi saat haid. Kafein bisa mempengaruhi perubahan mood menjadi lebih ekstrim sehingga bisa mengganggu aktifitas harian anda ketika sedang haid.
  • Larangan saat haid selanjutnya ialah malas berolahraga. Tidak jarang memang wanita merasa lebih mudah lelah dan lemas saat haid. Namun bukan berarti kebiasaan olahrga anda dihentikan. Justru, olahraga dianjurkan saat haid karena bisa membantu mengurangi kram diperut dan bisa mengurangi hormon penyebab stres atau mood swings. Dengan melakukan kegiatan fisik saat haid, kualitas tidur juga bisa lebih optimal.
  • Berhubungan seksual saat haid tidak disarankan. Alasan medisnya ialah melakukan hubungan seksual saat wanita haid bisa meningkatkan penularan penyakit seksual seperti HIV AIDS. Selain itu, berhubungan seks saat haid juga meningkatkan peluang kehamilan. Ini karena saat haid adalah masa ovulasi dan jika sel telur dibuahi sperma pada masa ini, kemungkinan hamil lebih tinggi. Terlebih karena sperma tersebut dapat hidup sampai 7 hari lamanya.
  • Tidak menjaga kebersihan terutama organ intim ketika haid sangatlah dilarang karena ini bisa menyebabkan bakteri untuk berkembang biak. Saat haid, sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan badan terutama pada organ intim. Seing-sering mengganti pembalut sangat disarankan terutama saat melakukan aktifitas fisik yang intens. Dengan begitu, bau yang tidak sedap dan perkembangbiakan bakteri bisa dicegah.
  • Makan berlebihan dan sembarangan juga dilarang saat haid secara medis. Asupan makanan saat haid bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan kenyamanan diri. Misalnya saja, jika mengonsumsi makanan tinggi kalori maka bisa membuat kenaikan berat badan secara pesat. Disarankan untuk lebih memilih untuk mengonsumsi makanan bernutrisi seperti buah, sayuran, dan lainnya.

Ada berbagai larangan yang beredar dimasyarakat ketika wanita haid seperti dilarang keramas, makan nanas, tidur siang, potong kuku, dll. Namun rata-rata larangan saat haid tersebut lebih bersifat mitos karena tidak ada hubungannya secara medis. Pastikan untuk sellau mencari tahu informasi jelasnya terlebih dahulu sebelum mempercayai berbagai larangan atau pantangan saat haid.