Apakah Berbahaya  jika Wanita Terserang PCOS

Mungkin sebagian wanita diluar sana merasa tabu bahkan seakan tidak tahu apa PCOS itu. mungkin juga dari mereka tahu namun mereka belum paham betul apa itu PCOS. Disini kita akan bahas apa itu PCOS.

PCOS adalah “polycyastic ovary syndrome”  mungkin sebagian orang sudah merasa ngeri jika membaca artikel ini. “polycyastic ovary syndrome”  atau biasa disebut dengan sindrom ovarium polikistik adalah terganggunya keseimbangan hormone estrogen dan progesterone sehingga mampu menganggu siklus menstruasi. Kondisi seperti ini menyebabkan munculnya banyak kantong yang berisi cairan didalam ovarium. Jika seorang wanita mengalami sebagian tanda tanda yang sudah saya sebutkan diatas kemungkinan besar wanita tersebut menglami PCOS.

  1. Tanda dan gejala wanita terkena PCOS

PCOS bisa menyerang wanita sekitar umur 16 sampai 24 tahun, dimana dalam usia tersebut tanda dan gejala akan semakin jelas.

  1. Saat melakukan USG ovarium / indung telur akan tampak lebih besar , karena dalam indung telur akan terdapat folikel folikel yang berisi cairan.
  2. Siklus menstruasi yang terbilang tidak teratur. Siklus menstruasi normal manusia biasanya sekitar 28 hari. Pada kondisi PCOS bisa berlangsung sekitar 35 hingga 40 hari. Bisa juga tidak mengalami haid selama 4 hingga 5 bulan, atau bisa juga tidak bisa menstruasi sama sekali.

Wanita yang menderita PCOS bisa menstruasi, tapi jika sekali menstruasi darah yang keluar sangat banyak sekali.

  1. Munculnya jerawat yang berlebihan.
  2. Berat badan semakin naik. Biasanya wanita yang mengalami PCOS adalah wanita yang gemuk, dan sulit untuk menurukan berat badan.
  3. Kesuburannya bermasalah. kondisi seperti ini dapat menyebabkan wanita akan sulit untuk hamil.
  4. Terjadinya kebotakan (alopecia) di rambut kepala
  5. Rambut halus disekitar wajah dan kepala,akan terlihat semakin banyak, hal ini menyebabkan wajah seorang wanita yang mengalami PCOS terlihat kusam dan terlihat lebih tua.

 

  1. Penyebab wanita bisa terkena PCOS.

Sampai saat ini belum dapat ditemukan apa penyebab dari PCOS, tapi ada beberapa faktor yang kemungkinan dapat menyebabkan wanita terserang PCOS, antara lain :

  1. Diabetes mellitus, sangat tingginya kadar insulin yang dapat menyebabkan retensi insulin. Insulin sendiri di hasilkan oleh organ pankres dan insulin digunakan untuk mengontrol kadar gula didalam darah seseorang. Sedangkan seseorang yang mengalami PCOS organ-organ yang ada didalamnya tidak akan peka, sehingga produksi insulin akan lebih banyak hal ini akan menyebabkan retensi insulin, kondisi tersebut menyebakan akan di produksinya androgen (hormone laki laki) pada tubuh wanita tersebut.

Hormone androgen dapat menyebabkan indung telur kesulitan untuk berovulasi sehingga telur yang ada di ovarium tidak dapat berkembang sebagimana mestinya.

  1. Faktor yang berasal dari garis keturunan
  2. Kegemukan atau obesitas, karena orang gemuk kadar lemak di dalam tubuh lebih banyak, dan hal ini menyebabkan kadar androgen di dalam tubuh juga akan ikut naik.

 

  1. Komplikasi yang dialami jika seseorang mengalami PCOS
  2. Bila wanita tersebut hamil, wanita tersebut akan mengalami diabetes gestasional dan hipertensi saat kehamilan
  3. Menyebabkan kanker endometrium (kanker dinding rahim)
  4. Kesulitan hamil (faktor kesburuan seorang wanita).
  5. Kesulitan untuk tidur dengan nyaman.
  6. Wanita tersbut juga kan mengalami kecemasan dan depresi karena penyakit PCOS yang diderita.
  7. Kadar lemak yang tidak baik dan trigliserida akan meningkat sedangkan kadar lemak yang baik (HDL)  akan menurun.
  8. Akan ada resiko penyakit yang menyerang jantung
  9. Resiko penyakit gula (diabetes mellitus) dan penyakit hipertensi.

 

  1. Pemeriksaan yang dilakukan.
  2. Periksa Utrasonografi (USG) untuk melihat kondisi rahim.
  3. Selain itu juga periksa ketebalan dinding uterus dan beberapa jumlah kista yang ada di ovarium. Pemeriksaannya dinamakan tes ultrasound.
  4. Periksa organ intim / organ reproduksi seorang wanita.
  5. Periksa darah rutin contohnya cek TD, periksa kadar gula darah, TG(Trigliserida) dan kolestrol di dalam darah.

 

  1. Penanganan dan pengobatan PCOS

Bila seorang wanita sudah mengalami PCOS hal yang perlu dilakukan adalah menjaga pola makan , melakukan diet gula dan karbohidrat, bisa juga dengan berolahraga yang teratur supaya berat badan bisa menurun secara maksimal, berhenti merokok dan memperbanyak konsumsi sayuran. Dan yang pasti anda perlu menerapkan pola hidup yang sehat.

Tapi jika anda pergi ke dokter, biasanya dokter akan memberikan:

  1. Obat KB

Disini obat kb difungsikan untuk memperlacar silklus haid seorang wanita, karena obat Kb sendiri kandungannya adalah estrogen dan progestin, hal ini menghambat produksi hormone androgen supaya memperkecil resiko kanker endometrium. Tapi tidak diperkenankan untuk wanita yang sedang program kehamilan. Selain itu obat KB juga akan mengurangi pertumbuhan rambut disekitar dada, perut, punggung dan bokong.

  1. Mengkonsumsi obat gula

Obat gula yang contohnya (metformin, glibenclamide), obat tersebut berfungsi untuk menstabilkan kadar insulin yang ada dalam darah,sehingga hormone androgen ini tidak mampu untuk diproduksi lagi.