Kehamilan

Asupan Nutrisi Penting Untuk Mendukung Perkembangan Janin 15 Minggu

Nutrisi merupakan faktor penting terhadap perkembangan janin. Diusia janin yang memasuki 15 minggu, perkembangan terjadi dengan cukup pesat. Bobotnya pun kian bertambah yakni hampir mencapai 100 gr. Sehingga ibu diharuskan untuk memperhatikan asupan nutrisi untuk mendukung perkembangan janin 15 minggu dan tahapan selanjutnya. Nutrisi menjadi sumber kehidupan bagi janin. Dari makanan, nutrisi bisa terserap dan dialirkan dari darah ibu ke plasenta. Selain nutrisi, oksigen yang mengalir dari pembuluh darah membuat janin tetap tumbuh dan berkembang dengan baik.

Diusia kehamilan yang sudah mulai memasuki trimester kedua ini, gejala morning sickness semakin berkurang sehingga membuat ibu lebih mudah dalam mencerna makanan karena nafsu makan sudah mulai kembali. Bahkan diusia kehamilan ini nafsu makan ibu meningkat secara signifikan. Ibu hamil diperbolehkan makan apa saja yang penting aman untu dikonsumsi dan tidak beresiko terhadap kandungan.

Makanan seperti apa yang harus dikonsumsi ibu hamil terutama memasuki usia kehamilan 15 minggu:

  • Diusia janin yang memasuki 15 minggu ini, ia sedang mengalami berbagai pembentukan sel-sel, otot, dan tulang. Sehingga, sangat disarankan untuk ibu mengonsumsi makanan sumber protein seperti ikan, daging, telur. Pastikan untuk mengonsumsi makanan berprotein dalam kondisi benar-benar matang sempurna agar terbebas dari bakteri yang bisa beresiko terhadap kandungan dan janin. Ibu juga bisa memperoleh protein dari sumber makanan non-hewani seperti kacang kedelai dan produk olahannya seperti tahu dan tempe. Protein wajib ada dalam menu makanan ibu sehari-hari.
  • Diusia kehamilan di trimester kedua ini, janin mengalami pembentukan tulang sehingga ibu memerlukan asupan kalsium yang lebih tinggi dari biasanya. Ibu wajib mengonsumsi makanan sumber kalsium seperti susu khusus untuk ibu hamil agar aman untuk kandungan dan janin. Ibu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk meminta rekomendasi susu yang bagus untuk ibu hamil. Jika ingin mengonsumsi susu cair, pastikan memilih susu yang sudah melewati proses pasteurisasi agar bebas dari bakteri yang bisa menginfeksi janin.
  • Disarankan untuk ibu memilih makanan yang mengandung omega 3 dan 6 untuk perkembangan sel-sel saraf otak janin misalnya ikan-ikanan. Ikan salmon misalnya, sangat baik untuk perkembangan janin 15 minggu karena merupakan sumber protein dan omega 3 serta 6 terbaik untuk dikonsumsi. Ia mengandung asam lemak omega 3 yang lebih besar dibanding sumber makanan lainnya.
  • Asam folat juga penting untuk ibu konsumsi selama menjalani kehamilan. Ini berguna untuk membantu memperkuat kandungan dan juga janin. Contoh jeis makanan yang mengandung asam folat diantaranya ialah telur dan alpukat. Masih ada banyak makanan lain yang merupakan sumber asam folat sehingga ibu bisa memvariasikan menu harian.
  • Ibu hamil lebih rentan terhadap infeksi baik bakteri maupun virus. Sehingga sangat disarankan untuk ibu memenuhi kebutuhan asupan vitamin dan mineral. Ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu menangkal radikal bebas. Sumber mineral dan vitamin bisa diperoleh dari berbagai jenis buah-buahan dan sayur. Beberapa jenis buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil diantaranya jenis beri-berian seperti raspberi, blackberi, stroberi, cranberi, dll. Jenis buah seperti ini diketahui mengandung folat, vitamin C, potassium, serat, dan antioksidan. Selain beri, ibu juga bisa mengonsumsi buah lainnya. Semakin bervariasi jenis buah dan sayur yang dikonsumsi maka semakin baik dalam mendukung asupan nutrisi ibu dan perkembangan janin 15 minggu yang semakin pesat.