Asupan Vitamin yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Masa kehamilan memang harus selalu dijaga, apalagi untuk kebiasaan makan pastinya juga perlu anda ubah. Anda perlu mengkonsumsi berbagai makanan yang beragam mulai dari sayur dan juga buah-buahan. Hal ini dikarenakan dalam buah dan juga sayuran terkandung berbagai macam vitamin maupun nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil demi pertumbuhan janin bayi yang ada dalam kandungannya.

Berbicara mengenai vitamin, lantas apa sajakah daftar vitamin yang dibutuhkan ibu hamil dan perlu anda penuhi sejak awal hingga akhir kehamilan anda. Berikut inilah berbagai daftar vitamin untuk ibu hamil yang perlu anda ketahui.

Daftar vitamin untuk ibu hamil

Vitamin A

Ada salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil yaitu vitamin A. adanya kandungan antioksidan dalam vitamin tersebut ternyata mampu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. Sehingga sang ibu tidak akan mudah terserang penyakit. Asupan vitamin A ini tentu saja bisa anda dapatkan dari berbagai macam sayuran dan buah seperti brokoli, bayam, wortel, mangga, ubi maupun paprika merah sekalipun.

Vitamin C

Vitamin untuk ibu hamil juga membutuhkan vitamin C dimana vitamin tersebut mampu melindungi sel sekaligus ajringan tubuh dari kerusakan. Jika asupan vitamin C terpenuhi tentunya kekebalan tubuh pun semakin meningkat begitu pula kesehatan ibu hamil dan janin bayi. Anda bisa mendapatkan asupan Vitamin C ini dari sayuran maupun buah seperti papaya, mangga, stroberi, jeruk, kol brussel, brokoli, paprika, tomat dan lain sebagainya.

Vitamin D

Jika vitamin D yang dibutuhkan ibu hamil bisa terpenuhi tentunya pertumbuhan tulang maupun gigi bayi bisa tumbuh dengan baik. Setidaknya ibu yang sedang hamil mencukupi kebutuhan vitamin D yang diperlukan tubuh. Setidaknya ibu hamil membutuhkan asupan vitamin D sekitar 15 mcg. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin tersebut dari sinar matahari bahkan juga berbagai asupan makanan yang mengandung vitamin D.

Vitamin E

Memang banyak sekali asupan vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Nyatanya ibu yang sedang hamil juga membutuhkan asupan vitamin E guna membantu pembentukan otot maupun sel darah merah. Setidaknya per hari ibu harus mencukupi asupan vitamin E sebesar 15 mg per harinya. Ibu hamil bisa mendapatkan asupan vitamin E ini dari kacang-kacangan, minyak sayur, sereal maupun bayam.

 

Itulah tadi berbagai asupan vitamin yang dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga kesehatannya. Setidaknya dengan memenuhi asupan vitamin yang diperlukan tubuh tentu saja bisa membuat perkembangan janin semakin baik bahkan kesehatan ibu dan janin bayi tetap terjaga. Bagaimana pun juga asupan vitamin memang penting untuk kesehatan tubuh. Apalagi kini anda bisa mendapatkan asupan vitamin dari sayuran, buah-buahan maupun daging sekalipun.