bayi

Bagaimana Cara Menyusui Dengan Baik Dan Benar?

Melahirkan adalah salah satu keajaiban terbesar di dunia. Bukan rahasia lagi bahwa bayi membutuhkan perawatan, perhatian, dan tentu saja susu ibu mereka. Dokter anak di seluruh dunia terus-menerus mendesak wanita untuk menyusui karena komposisi susu sangat cocok untuk anak. Tapi bagaimana cara menyusui? Bagaimana cara membangun laktasi? Sangat penting bagi ibu muda untuk mengetahui bagaimana cara menyusui dan bagaimana menghadapi kemungkinan komplikasi. Untuk membantu Anda dalam masalah ini, kami membuat daftar yang mungkin bermanfaat tentang cara menyusui yang akan sangat membantu bagi setiap ibu.

Berikut beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk masalah menyusui si kecil yang benar. Yaitu sebagai berikut:

Kolostrum

Pada hari ke 1-5 setelah kelahiran saat susu masih belum muncul maka kolostrum sudah cukup untuk bayi. Ginjal bayi hanya bisa mencerna 2-5 ml ini. Tetap saja, manfaat kesehatan bayi dan payudara Anda sangat besar!

Manfaat Kolostrum

Dari kolostrum, anak menerima imunoglobulin yang melindungi bayi jika inseminasi flora patogen terjadi selama perjalanan melalui jalan lahir. Karena itu, mintalah untuk memasukkan bayi Anda ke payudara pada menit pertama setelah kelahiran.

Cara Menyusui Di Rumah Sakit Bersalin

Anda bisa menyusui kapan saja jika si kecil mau, dan Anda bisa memberikan ASI Anda kepadanya. Hanya saja dokter bisa melarang Anda menyusui hanya jika:

  • Anda menjalani operasi caesar dengan penggunaan anestesi umum;
  • Jika Anda kehilangan banyak darah saat melahirkan;
  • Anda memiliki HIV, sifilis, dan virus lainnya;
  • Jika bayi menderita asfiksia atau trauma kelahiran intrakranial.

Manfaat Pemberian Makan Pertama

Menerapkan bayi ke payudara di atas meja kelahiran memprovokasi kontraksi rahim. Ini membantu plasenta untuk berpisah lebih cepat. Ini juga memicu mekanisme menyusui normal dan membantu membangun kontak psiko-emosional terbaik antara ibu dan bayinya.

Mengapa Anda Tidak Bisa Memasukkan Bayi ke Payudara?

Dokter dapat melarang membawa anak tersebut untuk diberi ASI jika bayi baru lahir dalam kondisi serius dan dalam perawatan intensif; Jika Anda menjalani pengobatan antibiotik atau juga dalam perawatan intensif. Pilek, pilek atau bronkitis bukanlah alasan untuk menolak membawa bayi Anda menyusui. Sudah cukup memakai topeng khusus untuk saat menyusui.

Ukuran Payudara

Ukuran payudara tidak mempengaruhi laktasi. Dari menit pertama kehidupan anak, susullah bayi ke payudara secara teratur. Hal utama adalah sebagai berikut – Anda harus benar-benar yakin bahwa Anda akan dengan aman menyusui anak Anda.

Dan itu beberapa hal yang bisa Anda perhatikan ketika Anda baru saja menjadi seorang ibu. Semoga artikel yang kami sampaikan pada kesempatan ini bisa membantu Anda semua.