Kesehatan

Bahaya yang bisa terjadi jika wanita memiliki hormon estrogen berlebih

Setiap wanita yang sudah beranjak dewasa tentunya setiap bulannya akan mengalami haid. Saat itu biasanya sikap wanita semakin berubah. Saat sedang menstruasi, biasanya sang wanita akan berubah menjadi lebih galak bahkan juga emosional sekali. Lantas, apakah anda tahu mengapa hal itu bisa terjadi kepada wanita? Tentu jawabannya adalah hormon estrogen sebagai penyebabnya. Hormon yang satu ini biasanya dikenal dengan hormon seks.

Keberadaan dari hormon estrogen ini bisa dikatakan begitu penting sekali. Apalagi untuk perkembangan seksual maupun reproduksi pada wanita. Perlu anda ketahui juga bahwa fungsi dari estrogen ini juga beragam sekali untuk wanita. Mulai dari mempengaruhi sistem reproduksi maupun mengatur siklus menstruasi pada wanita. Namun kadar hormon estrogen dalam tubuh haruslah seimbang. Jangan sampai terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

Berbagai efek samping akibat hormon estrogen yang berlebih

Meskipun hormon estrogen ini mampu memberikan banyak manfaat untuk wanita, namun ada beragam kasus yang bisa terjadi jika kadar hormon estrogen pada wanita terlalu tinggi. Supaya anda tidak merasa penasaran lagi. Inilah beragam efek samping yang bisa terjadi jika tubuh wanita kelebihan hormon estrogen. Di antaranya:

Mengalami kenaikan berat badan

Ternyata jika kadar estrogen dalam tubuh itu terlalu tinggi, yang ada bias membuat nafsu makan anda semakin meningkat. Sehingga yang terjadi bisa membuat berat badan anda semakin bertambah. Jangan sampai hormon estrogen dalam tubuh anda berlebih supaya berat badan anda tetap dalam kondisi yang normal.

Gairah seks terbilang rendah

Perlu anda ketahui pula bahwa dorongan seks yang ada pada wanita itu dipengaruhi oleh kadar estrogen yang terbilang tinggi. Apabila seseorang mempunyai kadar hormone estrogen yang berlebih tentunya bisa berdampak terhadap penurunan gairah seksualnya. Sehingga kepekaan dinding vagina pada sebuah rangsangan semakin menurun saja.

Terjadi penumpukan cairan yang ada dalam tubuh

Apabila tubuh anda kelebihan hormon estrogen, maka tubuh anda pun bisa menyimpan banyak garam maupun air yang ada dalam tubuhnya.

Menyebabkan kanker payudara

Jika kadar estrogen dalam tubuh terlalu tinggi, maka bisa saja menimbulkan efek samping terkena penyakit kanker payudara. Jangan sampai anda mengidap penyakit yang satu ini.

Menghadirkan permasalahan tiroid

Perlu anda ketahui jika anda kelebihan hormone estrogen, bisa saja terjadi disfungsi tiriod. Hal ini dikarenakan kadar estrogen yang tergolong tinggi ini bisa menjadi suatu penyebab produksi globulin pengikatan tiroid berlebihan oleh hati.

Jadi kadar hormon estrogen dalam tubuh anda sebaiknya bisa seimbang sehingga tidak menimbulkan beragam efek samping pada kesehatan tubuh anda. Karena bagaimanapun juga tingginya kadar hormon estrogen ini ternyata kurang bagus untuk kesehatan tubuh.