Berbagai Jenis Vitamin Ibu Hamil

Anda seorang ibu yang sedang hamil? Jika anda sedang mengandung maka anda akan sangat di spesialkan oleh banyak orang. Pasalnya, anda sedang mengandung satu nyawa manusia di dalam rahim anda. Ibu hamil harus menjaga asupan gizi setiap harinya untuk menjaga kondisi tubuh juga kondisi janin yang dikandung. Berbagai Vitamin Ibu Hamil wajib anda penuhi setiap harinya. Berikut kami jelaskan beberapa Vitamin Ibu Hamil yang sangat penting untuk ibu hamil.

  1. Kalsium

Kalsium sangat penting untuk pembentukkan tulang dan gigi bayi. Untuk ibu hamil takaran kalsium yang harus dipenuhi setiap harinya adalah 1000 mg untuk membantu pembentukkan tulang dan juga gigi janin agar bisa tumbuh dengan sempurna. Kalsium tersebut bisa anda dapatkan dari susu, yoghurt, tahu, tempe, kacang-kacangan dan beberapa sayuran.

  1. Asam Folat

Asam folat sangat penting untuk pembentukan syaraf-syaraf pada bayi. Ibu hamil membutuhkan asam folat yang cukup untuk mencegah cacat pada syaraf bayi. Pembentukkan syaraf pada janin biasanya terjadi pada hari ke 28 setelah pembuahan. Tapi biasanya ibu hamil belum menyadari bahwa ia sudah mengandung. Maka dari itu untuk anda yang berencana untuk hamil mulailah mengkonsumsi susu untuk pra-kehamilan agar mendapatkan asam folat yang cukup untuk calon janin.

  1. Zat Besi

Zat besi berfungsi untuk membentuk sel darah merah agar ibu hamil tidak mengalami kekurangan darah atau anemia. Oksigen di dalam tubuh dibawa oleh sel darah merah. Maka dari itu, jika ibu hamil kekurangan zat besi akan mengakibatkan ibu hamil terlihat lemah dan pucat. Selain itu, kekurangan zat besi juga bisa mengakibatkan janin mengalami anemia dan juga resiko bayi lahir prematur.

  1. Vitamin A, B Kompleks, C, D, E

Ibu hamil tentu saja harus memenuhi asupan vitamin setiap harinya. Vitamin Ibu Hamil ini tentu saja penting bagi ibu dan kandungannya. Vitamin A berfungsi untuk perkembangan pengelihatan janin, dan bisa juga untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Vitamin B Kompleks berfungsi untuk meningkatkan energi, kesehatan kulit, syaraf, pencernaan, bahkan untuk pencegahan bayi lahir cacat. Vitamin C berfungsi untuk melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. Vitamin D berfungsi untuk kesehatan tulang. Dan vitamin E berfungsi untuk pembentukkan dan penggunaan sel darah merah juga sel otot dalam tubuh.

Setiap vitamin yang dibutuhkan dalam tubuh pasti memiliki takarannya masing-masing. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin tersebut karena apapun yang berelbihan tidak baik akibatnya. Konsumsi juga susu formula untuk ibu hamil yang sudah memiliki takaran vitamin dan kandungann lainnya dengan cukup. Demikian artikel mengenai Vitamin Ibu Hamil semoga bermanfaat untuk anda semua.