Kehamilan

Berbagai Perkembangan Yang Terjadi Pada Janin 27 Minggu

Memasuki usia janin 27 minggu berarti sebentar lagi kehamilan ibu akan segera memasuki trimester ketiga. Ini menjadi hal yang ibu nanti-nantikan karena waktu persalinan juga semakin dekat. Tentu saja ibu juga akan merasakan berbagai kekhawatiran dan hal tersebut wajar terjadi. Mendekati usia kehamilan trimester ketiga, ibu memang sebaiknya mulai merencanakan berbagai hal untuk menghadapi persalinan nanti. Selain semakin berkembangnya janin diusianya yang mencapai 27 minggu ini, bobot tubuh ibu juga akan terus meningkat. Ini adalah hal yang alami dan menandakkan bahwa kehamilan ibu berjalan dengan lancar. Hanya saja memang disarankan untuk tetap mengontrol pola makan agar kenaikan bobot tubuh juga tidak melebihi batasan normal. Jika tidak, maka bisa beresiko terhadap janin dalam kandungan dan proses persalinan nantinya.

Apa yang terjadi pada janin diusianya yang mencapai 27 minggu ini?

  • Yang paling signifikan ialah kenaikan pada bobot janin yang mencapai sekitar 875 gram. Sedangkan untuk panjang tubuhnya sudah lebih dari 36 cm. Tubuh janin yang kian membesar tentunya membuat plasenta juga membesar agar janin memiliki ruang yang nyaman untuk berkembang. Sehingga perut ibu juga semakin terlihat membesar dari waktu ke waktu. Disamping itu, volume cairan ketuban juga masih terus bertambah.
  • Indera penglihatan janin diusia ini semakin berkembang dengan pesat. Ia sudah mulai bisa membuka dan menutup kelopak matanya. Janin sudah mulai belajar untuk mengamati hal-hal disekitarnya dengan indera penglihatannya yang semakin berkembang. Disamping itu, bulu mata dan alis janin juga mulai tumbuh dan membentuk dengan sempurna sehingga kini wajahnya sudah semakin nampak seperti seorang bayi seutuhnya.
  • Perkembangan yang cukup signifikan pada janin 27 minggu ini ialah janin sudah memiliki jadwal tidur yang teratur. Ia akan tidur dan bangun diwaktu tertentu sesuai siklusnya. Namun jadwal tidur janin tidaklah selalu sama dengan jadwal tidur ibu. Jadi mungkin saja saat ibu tidur, janin masih terjaga dan sebaliknya. Siklus tidur janin dalam perut ibu memang tidak bisa diketahui secara kasat mata. Namun ibu bisa merasakannya sendiri ketika pergerakan janin sedang tidak aktif maka kemungkinan ia sedang tidur.
  • Usia kandungan ibu yang mencapai 27 minggu ini merupakan momen dimana saraf otak janin berfungsi semakin optimal dan memungkinkannya untuk bermimpi dalam tidurnya. Tentu saja tidak bisa diketahui secara pasti jenis mimpi apa yang janin alami ketika tidur.
  • Perkembangan paru-paru janin diusia ini akan terus meningkat. Hal ini ditandai dengan seringnya janin mengalami cegukan. Ini adalah tanda dimana janin sedang belajar mengembangkan fungsi paru-parunya untuk bernapas secara mandiri menggunakan udara ketika dilahirkan nanti.

Meskipun bisa dikatakan bahwa periode kehamilan yang mendekati 7 bulan ini adalah periode nyaman, namun ibu juga harus bersiap untuk mengalami berbagai pengalaman lain yang terkadang juga mengganggu ketidaknyamanan. Misalnya saja ibu lebih sering mengalami nyeri punggung karena ia harus menopang tubuh bagian depan yang bobotnya semakin bertambah setiap minggunya. Selain itu, ibu juga mungkin akan lebih sering mengalami sesak. Biasanya ini disebabkan karena rahim yang kian membesar dan menekan sistem pernafasan ibu. Kemudian, ibu juga lebih cenderung sering mengalami sembelit diusia janin 27 minggu ini. Hal-hal tersebut wajar terjadi. Namun jika sangat menganggu kenyamanan maka  ibu bisa berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan agar diberikan saran atau solusi yang tepat.