Cara Agar Cepat Hamil Yang Bisa Anda Coba

 

Memiliki buah hati yang sehat sebagai keturunan keluarga tentu menjadi dambaan setiap orangtua. Namun tidak semua pasangan dianugerahi keturunan secara cepat sehingga berusaha mencari berbagai cara agar cepat hamil. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya seorang ibu untuk hamil seperti faktor kesuburan, lingkungan, dsb. Menurut studi, setiap wanita memiliki peluang kehamilan sebesar 15-25% setiap bulannya.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba agar bisa cepat hamil dan mengoptimalkan peluang kehamilan:

  • Setelah menikah sebaiknya menghindari penggunaan KB agar peluang kehamilan lebih optimal. Terlebih KB mencegah kehamilan sampai persentase 90%.
  • Dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual pada masa subur yakni sekitar 14 hari setelah haid hari pertama. Hubungan seksual yang lebih intens juga bisa dilakukan misalnya 4-5 kali dalam seminggu terutama di tanggal-tanggal masa subur ibu.
  • Menerapkan pola hidup sehat juga bisa membantu calon ibu agar bisa cepat hamil. Namun hal ini tidak hanya berlaku bagi sang istri namun juga suami. Jika kedua pasangan menerapkan pola hidup sehat, maka peluang kehamilan lebih meningkat. Pola hidup sehat ditandai dengan konsumsi makanan bernutrisi dan seimbang. Dianjurkan bagi ibu untuk konsumsi makanan yang bisa membantu meningkatkan kesuburan seperti makanan yang kaya akan asam folat, zat besi, vitamin, dan mineral. Sumber makanan tersebut misalnya bayam, brokoli, kale, daging, ikan laut, susu, alpukat, dll.
  • Tips cara agar cepat hamil selanjutnya ialah dengan hindari makanan atau minuman yang akan mengacaukan metabolisme tubuh seperti alkohol, rokok, makanan cepat saji, dan kafein. Makanan dan minuman tersebut bisa menganggu keseimbangan hormon sehingga menurunkan resiko pembuahan. Untuk minuman erkafein, sebaiknya dibatasi jumlahnya agar tidak dikonsumsi lebih dari 200mg/hari atau dua cangkir.
  • Merokok juga sebaiknya dihindari karena berdampak buruk bagi kessehatan. Merokok sudah terbukti dapat menurunkan kesuburan baik bagi pria maupun wanita. Selain rokok, obat-obatan terlarang juga menjadi pantangan jika ingin cepat hamil.
  • Tubuh yang sehat dan kuat berarti metabolisme dan perkembangan hormon berjalan dengan baik. Dan  ini akan membantu meningkatkan kesuburan. Maka dianjurkan untuk berolahraga secara rutin agar bisa cepat hamil. Disamping itu, olahraga juga baik untuk kebugaran yang bisa mempengaruhi kualitas hubungan seksual. Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubu. Yang terpenting ialah olahraga dilakukan secara rutin. Misalnya dengan berolahraga ringan seperti renang atau bersepeda selama 30 menit saja per hari.
  • Memperhatikan tingkat kesuburan suami juga sangat penting jika sang istri ingin cepat hamil. Menurut penelitian, 11-15% kasus sulitnya pasangan mendapatkan anak adalah faktor ketidaksuburan pada suami. Maka sangat dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan pasangan. Ini bisa membantu mendeteksi jika ada faktor tertentu yang mempengaruhi tingkat kesuburan dianjurkan pula untuk pasangan suami istri mendapatkan imunisasi rubella atau campak Jerman agar bisa menghindari infeksi penyebab gagalnya kehamilan.

Agar bisa cepat hamil, menjaga kesehatan adalah hal yang utama. Bukan hanya kesehatan fisik saja namun kesehatan mental juga penting untuk diperhatikan, ini karena stres bisa mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh dan mengacaukan kesuburan. Selain itu, lakukan pemeriksaan rutin pada dokter kandungan untuk mencari tahu jika ada gangguan pada tubuh yang menyebabkan sulitnya mendapat momongan. Itulah informasi seputar tips cara agar cepat hamil yang bisa coba dilakukan dan dilihat sendiri hasilnya.