Cara Ampuh Mengatasi Batuk Pada Anak

Ketika si kecil batuk, kerap kali mereka mengalami gangguan pada jam tidurnya. Mereka biasanya akan terus gelisah ketika tidur bahkan bisa menurunkan nafsu makan mereka. Tidak sampai di sana, ketika batuk melanda, biasanya mereka juga akan mengalami muntah yang berulang kali yang memang disebabkan oleh batuk itu sendiri.

Nah, mungkin sebagai orangtua Anda akan merasa khawatir ketika si kecil mengalami batu, baik batuk berdahak atau bahkan batuk kering. Karena kondisi ini bisa berpengaruh terhadap beberapa hal. Tenang, Anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa cara atau tips guna mengatasi batuk pada anak tanpa harus menggunakan obat-obatan yang memiliki kandungan kimia, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jika si kecil mengalami batuk berdahak, sebaiknya Anda memberikan asupan cairan yang cukup banyak, diutamakan mengkonsumsi air mineral hangat. Karena air hangat ini memiliki kandungan yang sama dengan obat mukoliti, yakni mampu membantu mengencerkan dahak.

Bukan hanya itu, air hangat yang di konsumsi si kecil juga bisa membantu mereka terhindar dari dehidrasi, sehingga si kecil bisa terhindar dari masalah kesehatan yang lebih serius.

2. Jika si kecil masih berada di usia 6 bulan, maka disarankan mereka untuk memperoleh asupan ASI eksklusif. Anda bisa menyusui mereka sesering mungkin.

3. Bagaimana jika bayi tidak mendapatkan ASI eksklusif saat usia kurang dari 6 bulan? Maka Anda bisa memberikannya air putih hangat 1-3 sendok teh min sebanyak 4 kali dalam satu hari.

4. Madu, juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit, termasuk batuk. Karena banyak ahli yang mempercayai bahwa madu alami lebih efektif untuk meredakan batu yang di alami si kecil jika di bandingkan dengan sejumlah obat-obatan. Bahkan madu juga dipercaya lebih efekltif jika di bandingkan dengan dextromethorphan.

Akan tetapi, madu ini hanya boleh di berikan pada anak yang sudah berusia di atas satu tahun. Karen ajika madu ini di berikan pada anak yang berusia di bawah 1 tahun, di khawatirkan bisa menyebabkan keracunan pada anak.

Berikut ini ada panduan pemberian madu pada anak yang disesuaikan dengan usia mereka, yiatu:

  • Usia 2-5 tahun: 1/2 sendok the
  • Usia 6-11 tahun: madu 1 sendok the
  • Usia > 11 tahun: 2 sendok teh

5. Anda juga bisa memanfaatkan larutan garam untuk mengatasi batuk si kecil, yaitu dengan cara melarutkan ½-1 sendok the garam pada segelas air hangat. Anda bisa meneteskan 2-3 tetesan pada lubang hidung si kecil, setelah itu sedot kembali dengan menggunakan suction atau alat untuk menyedot ingus. Tindakan ini mampu mengurangi sumbatan yang terjadi pada bagian hidung si kecil.

6. Berikan asupan nutrisi yang baik yaitu dengan cara memberikan asupan makanan serta minuman yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik guna menjaga kekebalan tubuh mereka.