Cara Ampuh Untuk Mengatasi Anak Demam

Biasanya setiap orangtua terutama ibu selalu menyiapkan obat penurun panas atau ketika anak demam. Namun ada satu hal yang harus di ingat di sini, bahwa tidak semuanya obat demam atau obat penurun panas untuk anak baik di gunakan, terutama tanpa adanya resep dari dokter.

Para ibu biasanya menggunakan paracetamol atau ibuprofen untuk menurunkan panas apada anak, dan kedua jenis obat ini memiliki efek samping untuk buah hati Anda. Salah satunya berkaitan dengan asma, maag dan juga masalah terhadap ginjal.

Nah jika anak demam tinggi, sebelum Anda memberikannya obat-obatan tanpa resep dokter, sebaiknya Anda melakukan beberapa cara sederhana terlebih dahulu untuk menurunkan panasnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mandi air hangat

Ketika anak panas, ada baiknya jika Anda memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat, dan hal ini akan membantu untuk meredakan demam yang di derita si kecil. Anda bisa menambahkan sedikit garamĀ  atau bahkan essential oil seperti lavender oil guna menenangkan tubuh si kecil. Jika memang tidak memungkinkan untuk di mandikan, maka Anda bisa melapnya dengan handuk.

  1. Pijat dengan ramuan herbal

Selain memandikannya dengan menggunakan air hangat, Anda bisa memijatnya beberapa bagian tubuh si kecil seperti bagian punggung, dada dan juga peruyt dengan menggunakan kayu putih yang di campurkan dengan parutan 2-3 siung bawang merah yang di tambah sedikit air jeruk nipis. Jika di rasa kayu putih terlalu keras, maka bisa Anda ganti dengan menggunakan minyak kelapa yang bersih.

  1. Kompres

Kompres, hal ini merupakan salah satu cara menurunkan panas si kecil yang paling mudah dan umum di lakukan. Yaitu mengompres si kecil dengan menggunakan handuk yang sudah di basahi dengan air hangat.

  1. Perbanyak asupan cairan

Salah satu efek samping dari demam adalah dehidrasi atau di sebut juga dengan kurangnya cairan dalam tubuh. Maka dari itu, Anda bisa memberikan air minum kepada si kecil dalam porsi yang cukup. Selain itu, jika si kecil sudah mengenal makanan, maka Anda bisa memberikannya makanan yang memiliki kaldu, atau bahkan memberikannya minuman teh herbal.

Jika memang di butuhkan, Anda juga bisa memberikan jus buah-buhan atau sayuran kepada mereka tanpa adanya campuran bahan lainnya seperti gula dan es batu. Karna jus buah atau sayur yang Anda berikan untuk si kecil selain mampu menghilangkan dehidrasi kandungan gizi dan nutrisinya baik untuk menjaga kesehatan si kecil.

  1. Makanan bergizi untuk kekebalan tubuh

Untuk menjaga kekebalan tubuh si kecil, Anda bisa memberinya asupan makanan dengan gizi dan nutrisi yang baik. Mungkin si kecil akan kehilangan nafsu makan, namun Anda tetap harus memberikan asupan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatannya.

Dan itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan guna menurunkan panas demam anak. Jika panas tidak segera reda, segeralah kunjungi dokter guna mendapatkan pertolongan.