bayi

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Secara Alami dan Aman

Memiliki buah hati yang tumbuh dan berkembang secara optimal tentu menjadi tujuan setiap ibu. Namun tidak sedikit pula bayi yang memiliki berat badan dibawah standar keehatan yang seharusnya. Jika ini terjadi pada ibu, maka ibu harus segera mencari cara menaikkan berat badan bayi agar ia bisa tumbuh secara normal dan optimal. Namun begitu, penting pula bagi ibu untuk memilih cara-cara yang aman dan alami. Tidak sedikit memang ada suplemen atau obat-obatan yang dijual secara bebas. Namun sebaiknya upaya untuk menaikkan berat badan bayi dilakukan dengan cara alami tanpa melibatkan bahan-bahan kimia berbahaya terkecuali jika atas rekomendasi dokter profesional yang terpercaya.

Berikut merupakan beberapa tips dalam upaya untuk menaikkan berat badan bayi secara alami dan aman:

  • Karena bayi masih dalam tahap menyusu pada ibu, hal pertama yang bisa ibu lakukan untuk menaikkan berat badan bayi ialah dengan mengatur asupan makan ibu sehari-hari. Nutrisi yang diterima bayi tergantung dari apa yang ibu makan. Bayi mendapat nutrisi melalui asi yang ia dapat dari ibu . jika ibu bisa menghasilkan asi yang berkualitas dan bernutrisi tinggi, maka bayi dapat naik berat badannya tanpa kesulitan. Pastikan untuk ibu hanya memilih makanan yang kaya nutrisi dan sehat.
  • Hindari diet-diet yang tidak perlu saat ibu menyusui bayi karena ini bisa mengganggu asupan nutrisi bayi. Dengan diet maka ibu membatsi jenis dan jumlah nutrisi makanan yang masuk dan ini berpengaruh langsung pada asupan nutrisi bayi yang harusnya bisa terpenuhi secara optimal. Dimasa-masa menyusui, ibu tidak memerlukan diet untuk menurunkan bobot badan karena proses menyusui pun bisa membantu ibu menurunkan berat badan. Selain itu, kebutuhan nutrisi bayi harus lebih menjadi perhatian dibanding apapun.
  • Cara menaikkan berat badan bayi selanjutnya yakni dengan konsumsi makanan yang kaya akan lemak sehat misalnya lemak yang diperoleh dari konsumsi ikan-ikanan, kacang-kacangan, dsb. Untuk lemak yang didapat dari makanan cepat saji sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ibu memang tidak dilarang untuk mengonsumsi makanan cepat saji namun sangat disarankan untuk dibatasi. Pilih makanan dengan yang mengandung sumber lemak tak jenuh misalnya saja lemak baik yang terkandung dalam buah alpukat.
  • Jika bayi sudah memasuki usia dimana ia bisa diberikan makanan pendamping asi, maka pastikan untuk ibu memilih jenis makanan yang tepat. Ibu bisa menambahkan berbagai bahan yang mengandung lemak baik pada makanan pendamping asi bayi. Dengan begitu, diharapkan ini bisa membantu untuk menaikkan berat badan bayi.
  • Variasikan jenis makanan bayi ibu agar nafsu makan bayi bisa lebih meningkat. Tidak jarang bayi mengalami kesulitan makan dan salah stau penyebabnya ialah makanan pendamping asi yang tidak cocok atau bayi merasa jenuh dengan variasi makanan yang itu-itu saja. memvariasikan menu makanan harian bayi juga bisa membantu lebih mengoptimalkan kebutuhan asupan nutrisi bayi. Sehingga bobot bayi bisa naik dan memenuhi standar kesehatan yang seharusnya.

Bayi memang cenderung dengan ukuran tubuh yang gempil dan penuh. Ini biasanya menjadi indikasi bahwa kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi dengan baik. Meski begitu, pastikan juga agar bobot bayi tidak melebihi batas normal agar proses tumbuh kembangnya tetap bisa berjalan secara normal. Pastikan agar ibu memilih cara menaikkan berat badan bayi yang aman. Hindari cara-cara ekstrim terlebih penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya.