Cara Menangani Sesak Nafas

Sesak nafas merupakan suatu kondisi yang terjadi dimana penderitanya akan merasa kesulitan untuk bernafas atau mengalami kesulitan untuk menghirup udara melalui saluran pernafasan. Biasanya seseorang akan mengalami sesak nafas apabila ia memiliki berat badan yang berlebih (obesitas), berada di tempat dengan suhu yang dingin, telah melakukan olahraga yang berat, atau juga dapat terjadi saat sedang berada di dataran tinggi. Namun penyebab yang umum dalam terjadinya sesak nafas adalah asma atau juga alergi di saluran pernafasan. Kedua penyakit ini merupakan pemicu terjadinya sesak nafas yang paling sering dan berlangsung dalam waktu yang lama.

Jika anda ingin mengetahui apa penyebab dari sesak nafas yang anda rasakan maka anda harus berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan juga cepat. Anda akan menjalani serangkaian pemeriksaan fisik serta tes untuk mendiagnosis apa penyebab dari sesak nafas yang terjadi. Bisa asma, alergi, atau penyakit lainnya yang lebih serius. Karena untuk menangani sesak nafas itu berbeda-beda sehingga diagnosis dari dokter sangat dibutuhkan untuk menanganinya.

Berikut ini adalah cara yang dapat anda lakukan untuk menangani sesak nafas

  1. Menghindari hal-hal yang memicu terjadinya sesak nafas

Jika sesak nafas yang anda alami itu dikarenakan oleh adanya alergi atau asma maka yang sangat perlu anda lakukan adalah dengan cara mengindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya sesak nafas seperti asap rokok, debu, polusi udara, atau bulu dari hewan peliharaan. Anda juga harus selalu menjaga rumah anda agar selalu besih untuk mengurasi resiko terjadinya sesak nafas.

  1. Mengkonsumsi obat yang dianjurkan dokter

Karena anda telah melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apa penyebab dari sesak nafas yang anda alami. dan jika sesak nafas anda dikarenakan oleh asma atau alergi maka dokter akan memberikan obat-obatan tertentu untuk meredakan sesak nafas yang anda alami. oleh karena itu anda harus selalu membawa dan meminum obat yang dianjurkan oleh dokter untuk menangani sesak nafas jika terjadi di luar rumah.

  1. Menjalani diet

Jika anda memiliki berat badan yang berlebih maka anda harus mulai diet agar tidak mengalami sesak nafas. Dengan melakukan diet berat badan anda akan menjadi turun dan membuat sistem pernafasan anda menjadi lebih lancar dari sebelumnya. Selain untuk memperlancar pernafasan, diet juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh anda agar tidak mudah terserang berbagai penyakit yang dapat membahayakan tubuh anda.

  1. Berhenti merokok

Jika anda seorang perokok dan sering mengalami sesak nafas maka anda harus berhenti merokok untuk melancarkan pernafasan anda. Asap yang dihirup oleh anda ketika merokok selain dapat menyebabkan penyakit pada paru-paru juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan anda. Untuk itulah berhenti merokok dan mulailah hidup sehat mulai dari sekarang.