Cara Mengatasi Demam

Demam merupakan suatu kondisi dimana tubuh tengah bereaksi melawan virus, bakteri, atau parasit yang berusaha masuk untuk merusak sistem di dalam tubuh anda. Saat demam suhu tubuh akan meningkat hingga melebihi 38o celcius yang disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit di dalam tubuh. Demam bukanlah sesuatu yang harus anda khawatirkan namun apabila terjadi lebih dari 3 hari anda perlu mewaspadainya dengan penanganan medis agar mengetahui virus apa yang menjadi penyebabnya.

Saat demam menyerang tubuh anda tentu saja anda akan sangat merasa tidak nyaman dan tubuh anda merasa tidak enak. Dan akibat dari demam itu anda akan kesulitan untuk tidur serta kehilangan nafsu makan. Padahal ketika demam menyerang tubuh anda tubuh sangat membutuhkan waktu istirahat yang banyak dan asupan makanan yang bergizi untuk membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit di dalam tubuh anda.

Cara mengatasi demam selain dengan meminum paracetamol anda juga dapat melakukan hal-hal berikut ini untuk membuat badan terasa lebih nyaman ketika demam

  1. Istirahat yang cukup

Saat demam melanda anda harus memperbanyak istirahat dengan tidur. Karena saat tidur tubuh akan memproduksi sel darah putih yang sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan dalam tubuh anda. Karena sel darah putih dapat membantu melawan virus penyebab demam. Anda juga tidak boleh terlalu banyak melakukan aktivitas yang menguras tenaga karena akan membuat kondisi tubuh anda semakin parah saja. Dokter juga akan menyuruh anda beristirahat sejenak untuk memulihkan kondisi tubuh anda kembali normal seperti sedia kala. Anda bisa membuat tubuh anda merasa rileks dengan meredupkan lampu kamar atau berbaring di tempat yang nyaman.

  1. Banyak minum air putih

Meminum air putih sangat penting bagi tubuh apalagi ketika sedang demam. Dengan meminum air putih saat demam akan sangat membantu untuk menurunkan suhu tubuh anda. Selain itu juga dengan meminum air putih maka bakteri atau parasit merugikan yang berkembang di dalam tubuh akan terbuang dari dalam tubuh. Oleh karena itu dengan banyak meminum air putih saat demam akan sangat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan bakteri atau virus yang telah menyebabkan demam.

  1. Kompres tubuh dengan air hangat

Saat demam sangat dianjurkan untuk melakukan kompres dengan menggunakan air hangat. Karena air hangat akan lebih efektif dalam memperlancar peredaran darah serta mengurangi rasa pusing dibandingkan dengan menggunakan air dingin. Kompres menggunakan air dingin merupakan jalan yang salah untuk mengatasi demam pada tubuh. Air dingin hanya akan membuat anda menjadi menggigil dan memperparah demam anda. Oleh karena itu mulai dari sekarang ganti metode mengkompres dahi ketika demam dengan menggunakan air hangat untuk mengatasinya.