Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Saat sedang flu atau pilek biasanya hidung akan tersumbat dan sangat mengganggu pernapasan anda. Saat hidung tersumbat bernapas menjadi susah dan tidak tenang yang membuat anda menjadi tidak nyaman. Apalagi kini cuaca sering kali tidak menentu dan penyebaran penyakit-penyakit seperti flu atau pilek sangat mudah masuk ke tubuh anda. Hal yang paling tidak membuat nyaman dari hidung tersumbat adalah sering sekali terjadi ketika anda akan tidur di malam hari. Sehingga sepanjang malam anda akan dibuat gelisah karena kesulitan untuk bernapas.

Hidung tersumbat ini terjadi akibat lendir yang biasa keluar dari dalam hidung ketika flu atau pilek ini tertahan dan mengendap di dalam hidung. Dan pada akhirnya mengakibatkan anda mengalami hidung tersumbat. Saat hidung dirasa mulai tersumbat jangan langsung memilih untuk meminum obat yang dijual di pasaran. Karena obat flu dan pilek pada umumnya memiliki efek samping yang menimbulkan rasa kantuk dan dapat mengganggu aktivitas anda. Berikut ini adalah cara mengatasi hidung tersumbat yang tidak memerlukan obat:

  1. Menghangatkan tubuh

Saat mengalami hidung tersumbat itu bisa saja terjadi akibat kondisi ruangan yang dingin. Oleh karena itu langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan membuat tubuh anda terasa hangat. Metikan segala alat yang menimbulkan rasa dingin seperti kipas angin ataupun AC. Tak lupa istirahat dengan menggunakan selimut agar badan tetap dalam kondisi yang hangat.

  1. Melakukan pijatan ringan pada hidung

Saat hidung tersumbat cobalah untuk memijat bagian atas hidung dengan menggunakan jari anda. Cara ini dapat membantu melegakan pernapasan anda. Anda hanya perlu memijat-mijat bagian atas hidung diantara alis dengan gerakan yang memutar halus agar hidung terasa lebih lega dari sebelumnya. Cara ini dinilai ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat yang sangat mengganggu dan tidak nyaman itu.

  1. Meminum minuman yang hangat

Cara untuk mengatasi hidung tersumbat lainnya adalah dengan meminum minuman yang hangat. Karena saat meminum minuman yang hangat seperti air teh, air jahe, atau lemon tea yang hangat akan membuat lendir yang mengendap di dalam hidung akan mencair dan keluar dengan sendirinya. Minuman-minuman tersebut juga mengandung antiseptik juga dekongestan yang mampu memperlancar pernapasan anda.

  1. Menghirup uap dari air hangat

Mengirup uap yang dikeluarkan oleh air hangat dapat mengatasi hidung tersumbat yang anda alami. hal ini disebabkan oleh uap yang dihirup oleh anda mampu mencairkan dan mengencerkan lendir yang mengendap di dalam hidung. Caranya juga sangat gampang sekali, anda hanya perlu memasak air hingga mendidih lalu hirup uap yang berasal dari air mendidih tersebut. yang perlu diperhatikan saat melakukan cara ini adalah jangan hirup uap air terlalu dekat karena jika terlalu dekat anda akan merasa kepanasan.