Kehamilan

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Saat hamil muda, sering kali ibu hamil mengalami morning sickness yang cukup mengganggu. Hal tersebut memang wajar terjadi di trimester awal kehamilan. Namun mual di pagi hari cukup mengganggu aktifitas para ibu hamil yang menjadi lemas karena mual muntah di pagi hari. Mual Saat Hamil tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara. Berikut kami jelaskan beberapa cara untuk mengatasi Mual Saat Hamil.

  1. Hindari makanan yang dapat menambah rasa mual

Salah makan bisa membuat ibu hamil merasa mual. Anda harus bisa memilih makanan yang tidak akan membuat rasa mual. Hindari makanan yang memiliki lemak berlebih, berminyak, juga makanan yang pedas karena jika anda mengkonsumsi makanan tersebut saat sedang hamil secara berlebihan maka anda akan merasa mual. Terutama ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit maag. Ibu hamil dengan riwayat penyakit tersebut akan rentan merasa mual.

  1. Makan sedikit namun sering

Sangat lumrah jika biasanya saat hamil anda mengalami mual jika akan mengkonsumsi sesuatu. Anda juga akan susah sekali makan karena rasa mual tersebut. Cara mengatasi Mual Saat Hamil ketika hendak makan adalah sebaiknya anda makan dalam porsi yang sedikit, namun lebih sering. Makan dalam porsi sedikit memungkinkan makanan bisa masuk dan mengurangi resiko mual hingga muntah.

  1. Cukup Minum Air Putih

Jika anda sering mengalami mual hingga muntah, maka lebih baik anda mengkonsumsi air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Meminum air putih hangat juga dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil karena rasa hangat yang diberikan bisa menetralisir rasa mual dan keinginan untuk muntah dibandingkan dengan air dingin.

  1. Menghirup Udara Pagi

Menghirup udara di pagi hari sangat baik untuk ibu hamil. Kesegaran dan rasa sejuk yang diberikan udara pagi membuat perasaan yang rileks sehingga otak bisa menghilangkan sinyal rasa mual. Jalan-jalan saat pagi hari bisa memperkuat fisik ibu hamil juga bisa menghilangkan perasaan mual.

  1. Menghindari Stres

Ibu hamil sangat rentan mengalami stres. Jika ibu hamil mengalami stres maka keadaan psikis dan juga mentalnya terganggu. Selain itu kondisi tersebut juga bisa mempengaruhi syaraf-syaraf di otak termasuk mempengaruhi sistem pencernaan yang bisa membuat rasa mual. Buatlah ibu hamil merasa senang agar bisa menghindari rasa stres tersebut.

Selain cara di atas, ada beberapa cara lain yang dapat anda coba seperti mengkonsumsi buah dingin, berolahraga, melakukan yoga dan lainnya. Melakukan aktifitas tersebut dipercaya bisa mengurangi rasa mual yang menyerang anda saat hamil. Demikian artikel mengenai cara mengatasi Mual Saat Hamil. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan juga bermanfaat bagi anda.