Cara Mengobati Sakit Pinggang dengan Terapi

Sakit pinggang merupakan rasa nyeri yang terjadi di daerah tulang lumbar yang meliputi bagian cakram, otot, saraf punggung, serta bagian tubuh lainnya di sekitar panggul dan perut. Sakit pinggang akan membuat para penderitanya merasa tidak nyaman untuk melalukan aktivitas sehari-hari. Kebanyakan yang sering merasa sakit di bagian pinggang adalah orang dewasa di atas 30 tahun. Intensitas rasa sakit yang dirasakan oleh mereka pun bermacam-macam mulai dari yang ringan hingga yang berat dan tentunya sangat menyakitkan serta tidak nyaman.

Sakit pinggang juga merupakan kondisi yang datang belakangan. Kondisi tersebut dapat terjadi diakibatkan oleh gaya hidup dan kebiasaan yang salah. Pekerjaan yang mengharuskan untuk duduk terlalu lama tanpa dibarengi dengan kegiatan olah tubuh lainnya menjadi salah satu penyebab dari sakit pinggang. Selain itu hal-hal yang dapat melukai pinggang seperti mengangkat beban yang berat serta kecelakaan dapat menjadi faktor penyebab dari sakit pinggang yang dirasakan oleh seseorang. Sakit pinggang akan menghambat aktivitas yang biasa dilakukan oleh seseorang.

Cara untuk mengobati sakit pinggang ini bisanya cukup dikompres dengan air hangat dan beristirahat. Saat sakit pinggang juga para penderita dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter seperti analgesik atau obat semprot lainnya. Selain hal-hal tersebut sakit pinggang juga dapat diobati dengan melakukan terapi. Oleh karena itu berikut ini adalah cara untuk mengobati sakit pinggang yang sangat tidak nyaman:

  1. Melakukan traksi

traksi atau traction merupakan suatu terapi dengan menggunakan beban yang bertujuan untuk menarik struktur tulang belakang sampai kondisinya seimbang. Saat pinggang merasa nyeri mungkin saja masalahnya terdapat di bagian tulang belakang. Jika kondisi tulang belakang sudah seimbang seperti sedia kala maka akan mengobati rasa sakit yang ada di pinggang.

  1. Melakukan manipulasi tulang belakang

Dengan melakukan manipulasi pada tulang belakang ini berarti mengatur ulang jaringan yang ada di tulang belakang. Manupulasi ini hanya dilakukan oleh dokter profesional yang memiliki sertifikat. Jika ingin melakukan manipulasi tulang belakang maka anda harus pergi ke dokter.

  1. Menerima suntikan steroid epidural

Suntikan steroid epidural ini merupakan terapi jangka pendek yang dapat meredakan peradangan yang terjadi di pinggang. Setelah mendapatkan suntikan ini maka rasa sakit pada pinggang akan berkurang dengan cepat. Banyak orang yang memilik untuk melakukan terapi ini untuk meredakan peradangan pada pinggang mereka.

  1. Melakukan terapi nerve block

Terapi nerve block ini merupakan terapi yang akan menekan bahkan mematikan saraf-saraf yang dianggap memiliki masalah dan menimbulkan rasa sakit pada bagian pinggang. Saat melakukan terapi ini para penderita sakit pinggang akan menerima berbagai suntikan seperti bius lokal, streoid ataupun botulinum toxin pada sumber rasa sakit.