Cara Termudah dalam Menghitung Usia Kehamilan

Sebagai ibu hamil tentu saja anda perlu mengetahui usia kehamilan anda. Dengan begitu anda tahu berbagai pertumbuhan maupun perkembangan dari janin yang sedang anda kandung. Selain itu dengan mengetahui usia kehamilan tentu saja anda bisa tahu kapan jadwal pemeriksaan yang perlu anda lakukan ke dokter maupun bidan.

Selama ini kebanyakan ibu hamil menghitung usia kehamilan dengan bantuan dokter maupun bidan. Hal tersebut memang dianjurkan untuk mengetahui ketepatan usia kehamilan. Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa anda lakukan supaya anda tahu usia kehamilan anda. Inilah berbagai cara menghitung usia kehamilan anda dengan tingkat akurasi yang terbilang baik.

Cara menghitung usia kehamilan

Hari pertama haid terakhir

Tentunya supaya anda bisa menghitung usia kehamilan anda berdasarkan dengan HPHT maka perhitungan ini hanya bisa dilakukan oleh ibu hamil yang mempunyai siklus haid teratur dan normal dengan kisaran 28 hingga 30 hari. Perhitungan dengan cara ini bisa anda lakukan dengan menambahkan 7 pada tanggal pertama dari haid terakhir anda lalu kurangi bulan dengan 3 dan tambahkan 1 pada tahunnya sedangkan untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3 maka bulannya bisa anda tambah 9.

Metode tinggi puncak rahim

Tentunya metode yang satu ini bisa anda lakukan untuk mengetahui usia kehamilan anda. Caranya juga mudah sekali hanya dengan meraba bagian puncak rahim yang paling menonjol pada dinding perut. Perhitungan pun bisa anda lakukan mulai dari tulang kemaluan hingga puncak rahim. Perhitungan bisa anda lakukan dengan jari tangan. Dimana setiap kenaikan 3 jari menunjukkan suatu pertambahan usia 3 minggu.

Lakukan tes HCG

HCG merupakan suatu singkatan dari Human Chorionic Gonadotropin. Pada umumnya pemeriksaan hormon HCG ini bisa dilakukan untuk memeriksa usia kehamilan anda. Pemeriksaan ini bisa dilakukan dengan cara mengambil contoh urin ataupun air seni dari seorang wanita untuk mengetahui usia kehamilannya. Apabila hasil pemeriksaan ada hormone HCG dalam air seninya maka bisa dipastikan wanita tersebut sedang menjalani usia kehamilan sekitar 3 hingga 4 minggu lamanya.

Pergunakan kalkulator kehamilan

Kini anda bisa menghitung usia kehamilan anda dengan menggunakan suatu kalkulator kehamilan. Dimana metode yang satu ini terbilang paling mudah dilakukan oleh setiap wanita untuk mengetahui usia kehamilannya. Kalkulator kehamilan ini bisa anda temukan lebih mudah seperti halnya kalkulator online yang gratis. Selain cara ini terbilang mudah sekali ternyata cara ini bisa diakses oleh siapapun.

Bisa mengetahui usia kehamilan dengan cara kita sendiri tentunya lebih menyenangkan. Namun akan lebih akuratnya tentu anda bisa memeriksakan kondisi tubuh anda ke dokter maupun bidan supaya hasilnya lebih akurat.