Keguguran adalah sebuah mimpi buruk dan sebuah momok yang akan menghantui para ibu hamil di awal kehamilannya. Apalagi di awal kehamilan kondisi kandungan masih belum stabil dan merupakan masa-masa yang rawan terjadinya keguguran pada seorang ibu hamil. Oleh karena pada saat tengah mengandung, seorang wanita harus sangat hati-hati dalam segala hal. Mulai dari pola makan sampai dengan gaya hidup harus diperhatikan dengan baik karena jika tidak ditakutkan akan berpengaruh pada janin yang ada di dalam kandungan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pepatah tersebut tentu harus diingat oleh para ibu hamil yang sedang berada pada masa awal kehamilan mereka. Karena pencegahan terjadinya keguguran dapat dilakukan di awal kehamilan. Oleh karena itu para ibu hamil harus lebih peka untuk mencegah terjadinya keguguran yang tidak diinginkan itu.

Cara mencegah terjadinya keguguran pada ibu hamil yang tengah berada pada awal kehamilan

 

  1. Hati-Hati Saat Berjalan

Para ibu hamil ini harus senantiasa berhati-hati saat berjalan. Karena saat hamil hal yang harus dihindari adalah terjatuh. Karena saat terjatuh janin yang ada di dalam kandungan akan terguncang akibat benturan yang terjadi dan dapat mengakibatkan keguguran. Oleh karena itu kehati-hatian dari para ibu hamil harus ditambah saat sedang dalam masa awal kehamilan dengan menghindari aktivitas-aktivitas yang rawan dan berbahaya.

  1. Tidak Mengangkat Beban yang Berat

Pada saat hamil muda para ibu hamil tidak boleh mengangkat barang dengan beban yang berat karena akan berakibat fatal bagi kondisi kandungannya. Hal ini dikarenakan saat mengangkat beban yang berat otot-otot dalam tubuh akan bekerja lebih keras termasuk otot perut yang dapat membuat janin terlepas dari dinding ramim dan terjadilah keguguran.

  1. Hindari Berpergian Ke Tempat yang Jauh

Ada baiknya saat tengah hamil muda atau berada di awal kehamilan para ibu hamil ini diam saja di rumah dan tidak berpergian ke tempat yang jauh apalagi menggunakan motor atau pesawat. Karena dikhawatirkan saat di perjalanan akan terjadi guncangan-guncangan yang dapat berimbas pada janin yang ada di kandungan ibu hamil.

  1. Mulai Mengkonsumsi Makanan Sehat

Di awal kehamilan pola makan para ibu hamil harus benar-benar di jaga dengan memulai mengkonsumsi makakanan sehat yang dapat membuat kondisi ibu dan janin menjadi sehat juga. Makanan sehat itu mengandung nutrisi yang baik untuk perkembangan janin di dalam rahim yang dapat mencegah terjadinya keguguran.

  1. Perbanyak Istirahat

Karena ada begitu banyak organ-organ tubuh yang bekerja lebih keras saat tengah mengandung yang mengakibatkan para ibu-ibu hamil ini akan lebih cepat merasa lelah dari orang-orang biasa. Oleh karena itu dengan memperbanyak istirahat akan membantu para ibu hamil untuk mengumpulkan kembali tenaga yang sudah terkuras.