Efek samping dari operasi caesar yang perlu anda ketahui

Sekarang ini semuanya memang sudah serba modern begitu pula dengan proses persalinan. Dimana mereka wanita hamil yang mengalami masalah dengan kehamilannya bisa menjalani persalinan dengan cara operasi caesar. Namun perlu anda ketahui bahkan operasi tersebut ternyata membawa efek samping bagi ibu hamil yang menjalani proses persalinan tersebut.

Operasi caesar biasanya dilakukan ketika posisi bayi tidak tepat pada tempatnya dimana posisi kaki bayi masih berada di bawah. Jika sdah begini tentunya mau tidak mau dokter perlu melakukan persalinan dengan cara operasi caesar. Tapi perlu anda ketahui bahwa operasi caesar ini ternyata membawa efek samping bagi anda. Lantas apa sajakah efek samping yang bisa terjadi jika anda melakukan operasi caesar? Berikut di antaranya:

Efek samping dari operasi caesar

  • Menyebabkan pembekuan darah

Salah satu hal yang menjadi efek samping dari operasi Caesar ini tentunya terjadi suatu pembekuan darah. Pembekuan ini biasanya terjadi pada bagian urat darah yang halus. Seperti halnya panggul maupun bagian kaki.

  • Cedera yang terjadi pada Kandung Kemih

Bagaimana bisa cedera terjadi pada kandung kemih? Hal ini di karenakan kandung kemih telah melekat pada bagian dinding rahim wanita. Bisa saja ketika operasi caesar, organ tersebut telah dipotong oleh dokter. Hal inilah yang harus di waspadai dan perlu melakukan operasi yang kedua dengan tujuan pembetulan kandung kemih yang mengalami cedera.

  • Mengalami pendarahan cukup banyak

Biasanya setiap wanita yang akan menjalani persalinan pastinya mengalami yang namanya pendarahan. Namun bagi anda yang menjalani operasi caesar bisa jadi pendarahan yang anda alami dua kali lipatnya dibandingkan saat anda melahirkan secara normal. Apabila seorang ibu tidak kuat mental maupun fisiknya yang dikhawatirkan saat kehabisan banyak darah bisa merenggut nyawanya.

  • Mengalami suatu infeksi

Efek samping dari operasi caesar yang selanjutnya adalah terjadinya suatu infeksi. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya luka saat menjalani persalinan. Luka tersebut memang mudah kita lihat hanya saja luka caesar ini biasanya berlapis-lapis dan lebih banyak. Hal ini dikarenakan adanya sayatan perut yang sudah dijahit kembali. Saat penyembuhannya kurang sempurna, bisa saja ada suatu bakteri yang masih tertinggal sehingga menimbulkan suatu infeksi.

  • Jahitan operasi sobek

Ketika bayi sudah keluar, biasnaya perut ibu yang akan dijahit kembali secara berlapis-lapis. Hanya saja ketika jahitannya tidak kuat dan ibu sering melakukan gerakan bisa saja jahitannya terlepas kembali. Untuk itu ibu perlu berhati-hati dalam menjaga jahitan yang ada pada bagian perutnya.

Itulah tadi berbagai macam efek samping yang bisa terjadi ketika ibu hamil memilih melakukan operasi caesar. Setidaknya jika ibu hamil bisa melakukan persalinan secara normal, alangkah baiknya ibu memilih jalan tersebut.