Gejala Asam Lambung Meningkat dan Cara Mengatasinya

Lambung adalah salah satu organ tubuh manusia yang termasuk dalam sistem pencernaan. Ini merupaka organ penting, lantaran setiap hari manusia makan dan tentunya akan dicerna. Jika pencernaan bermasalah tentu akan berdampak negative pula.

Salah satu penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan adalah asam lambung. Asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease jika dalam keadaan normal akan baik-baik saja. Namun bagaimana jika asam lambung sedang naik? Apa yang akan terjadi jika asam lambung naik?

Ternyata asam lambung naik disebabkan karena banyak hal. Seperti keturunan, stres, konsumsi obat-obat tertentu, kelebihan berat badan, hiatus hernia, keadaan hamil, gastroparesis, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak. Selain itu tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES) juga menyebabkan asam lambung. LES ini ibarat pintu otomatis, jika masih berfungsi dengan baik makanan dan asam lambung tidak akan kembali ke esophagus, namun jika sudah tidak berfungsi menyebabkan asam lambung meningkat.

Dalam artikel ini akan diuraikan mengenai gejala yang timbul ketika asam lambung meningkat. Berikut ini ada beberapa gejala ketika asam lambung meningkat :

  1. Menurunnya Nafsu Makan
  2. Mual
  3. Sakit di ulu hati
  4. Perut kembung
  5. Rasa panas di dada karena asam lambung naik ke esophagus.

Kelima hal tadi adalah gejala yang umum. namun jika dibiarkan saja akan semakin membahayakan kondisi lambung anda. missalnya jika nafsu makan anda menurun maka tidak ada asupan gizi yang masuk sehingga menggangu kinerja organ tubuh lainnya. Selain itu jika sudah sampai muntah-muntah anda akan terasa lemas, sehingga mengganggu aktifitas anda.

Maka dari itu jika anda memiliki penyakit asam lambung ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti berikut ini :

  1. Perhatikan Pola Makan

Usahakan makan teratur setidaknya tiga kali sehari. Jangan sampai perut anda kosong, karena jika kosong lambung tidak bisa mencerna apa-apa sehingga asam lambung meningkat. Hal ini dapat menghambat aktifitas anda. dan usahakan makan-makannan yang sehat dan bergizi juga. Jangan kebanyakan makan pedas atau sebaiknya hindari makanan pedas. Selain itu jangan minum minuman yang mengandung kafein tinggi, apalagi jika lambung anda kosong makan hal ini akan memicu meningkatnya asam lambung.

  1. Istirahat yang Cukup

Gunakan malam hari untuk istirahat. Sehingga organ tubuh bisa bekerja dengan baik saat malam hari anda mengistirahatkan tubuh anda.

  1. Jangan Terlalu Banyak Pikiran

Jika banyak suatu hal yang anda pikirkan akan membuat anda stress. Hal ini juga dapat memcau tmeningkatnya asam lambung. Maka istirahatkanlah atau cari penyegaran dulu agar pikiran menjadi fresh.

Nah itu tadi uraian mengenai penyebab asam lambung meningkat dan cara mengatasinya. Selain itu juga anda bisa minum obat khusus lambung. Semoga Bermanfaat J