Gizi Ibu Hamil yang sangat Penting bagi Buah Hati

Seiring dengan waktu pertumbuhan janin di dalam kandungan akan semakin pesat dan terus berkembang. Jika seperti ini maka kebutuhan gizi ibu hamil juga semakin meningkat. Tapi banyak dari ibu hamil yang salah paham dengan fakta tersebut. mereka beranggapan bahwa semakin banyak makan, maka semakin banyak juga gizi yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Padahal selain makanan yang masuk ke tubuh, faktor kualitas makanan juga sangat berpengaruh bagi kandungan gizi pada makanan.

Salah paham lainnya adalah saat masa kehamilan banyak ibu-ibu hamil yang melakukan diet untuk karena takut berat badan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan terlalu besar dan mengalami kegemukan. Selain itu adanya mitos-mitos yang beredar mengenai pantangan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil juga mempengaruhi asupan gizi pada ibu hamil yang nantinya dikhawatirkan akan berpengaruh kepada perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Karena gizi adalah zat yang dibutuhkan oleh mahkluk hidup, maka kebutuhan gizi harus terpenuhi agar tidak terjadi gejala-gejala defisiensi. Kebutuhan gizi ibu hamil sangat perlu untuk diperhatikan untuk menghindari terjadinya gejala yang dapat mempengaruhi perkembangan janin. Sebenarnya untuk asupan gizi pada ibu hamil sama saja seperti orang-orang lain yang sedang tidak hamil yaitu ada enam zat gizi yang harus terpenuhi setiap harinya. Keenam zat gizi ini meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Yang berbeda dari asupan gizi pada ibu hamil ini adalah komposisinya.

Komposisi zat gizi yang harus dibutuhkan oleh ibu hamil ini adalah ada zat yang meningkat lebih banyak dan ada zat yang besarnya sama ketika sang ibu sedang tidak hamil. Karena angka kekurangan gizi pada ibu hamil di dunia ini sangat tinggi, di Indonesia sendiri angka ibu hamil kurang gizi mencapai 16,7%. Untuk itulah mengapa para ibu hamil harus menjaga dan memperhatikan asupan gizi demi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan agar tetap sehat dan perkembangannya bagus.

Langkah memenuhi asupan gizi ibu hamil

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan konsep 3 M, M yang pertama adalah Mengetahui perkembangan janin yang berfungsi untuk menyesuaikan asupan gizi dengan proses perkembangan janin yang ada dalam kandungan. M yang kedua adalah Menentukan pola makan ibu hamil, selama hamil para ibu harus tetap mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dengan menambahkan menu-menu khusus yang kaya akan nutrisi. Dan M yang ketiga adalah Mewujudkan ibu sehat yang melahirkan bayi yang sehat pula, kondisi janin yang ada di dalam kandungan sangat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan sang ibu. Oleh karena itu seorang ibu hamil harus senantiasa hidup sehat dan tetap memperhatikan asupan gizi.