Kehamilan

Hal Penting Untuk Diketahui Pada Perkembangan Janin 22 Minggu

Proses kehamilan bukanlah hal yang mudah dan merupakan proses yang panjang. Ada banyak momen yang akan membuat ibu stres, sedih dan takut. Namun tidak sedikit tentunya momen-momen membahagiakan selama kehamilan termasuk momen perkembangan janin 22 minggu. Ini merupakan periode yang dinanti-nati karena sebentar lagi usia janin akan memasuki 6 bulan. Ini juga berarti kondisi fisik ibu dan janin sudah semakin stabil tanpa gejala kehamilan yang menganggu.

Berikut beberapa perkembangan janin yang terjadi pada usia kehamilan 22 minggu:

  • Diusia janin 22 minggu ini, bobotnya sudah lebih dari 400gr. Panjangnya juga semakin bertambah yaitu sekitar 27 cm. Perkembangan bobot dan panjang bayi yang siginifikan ini berdampak pada kenaikan berat badan ibu.
  • Selain bobot dan panjang tubuh janin, rupa janin juga sudah semakin jelas seperti bayi yang siap untuk dilahirkan namun dalam ukuran yang masih kecil. Struktur wajah sudah mulai terbentuk seperti mulai nampaknya kelopan mata dan alis. Selain itu, bibir janin juga sudah terbentuk dengan baik.
  • Kaki janin diusia 22 minggu ini sudah tidak begitu menempel diperutnya karena sudah semakin berkembang. Ini membuat janin lebih leluasa untuk menggerakkan anggota tubuhnya. Disuia kehamilan ini pula tangan, kaki dan tubuh janin mulai terbentuk dengan proporsi yang seimbang termasuk dengan kepalanya yang juga terus terbentuk.
  • Tubuh janin diusia ini masih dilindungi oleh bulu-bulu halus atau lanugo untuk menjaga suhu ideal janin agar tetap nyaman didalam kandungan. Untuk kulitnya, janin masih tertutupi kulit keriput karena lapisan lemak belum terbentuk.
  • Ada beberapa organ tubuh yang berkembang pada janin diusia ini yaitu organ penghasil hormon serta organ pankreas. Selain itu, sistem pencernaan janin juga sudah mulai menunjukkan perkembangan pada fungsinya. Sistem pernafasan juga sudah mulai berkembang untuk nantinya janin bisa bernafas sendiri ketika dilahirkan.
  • Ada perkembangan janin diusia 22 minggu yang mungkin belum banyak diketahui yaitu mulai tumbuhnya tunas-tunas gigi. Tunas gigi ini tidak akan muncul sesaat setelah janin dilahirkan namun beberapa bulan kedepan setelahnya. Tunas gigi ini mulai terbentuk pada gusi. Ia nantinya akan tumbuh ketika sudah tiba waktunya.

Yang penting untuk diperhatikan pada perkembangan janin 22 minggu

  • Janin diusia ini sedang mengalami perkembangan tubuh yang signifikan sehingga membutuhkan asupan nutrisi terutama sumber kalsium dan protein. Kalsium penting untuk pertumbuhan tulang sedangkan protein untuk perkembangan otot dan syaraf janin. Disarankan untuk konsumsi makanan sumber protein dan kalsium seperti susu, daging sapi, daging ayam, tempe, dll. Seimbangkan asupan kalsium dan protein dengan konsumsi buah dan sayur dalam porsi yang tepat.
  • Diusia kehamilan ini, janin sudah bisa tumbuh dan berkembang secara stabil. Resiko yang membahayakn janin juga semakin menurun karena janin semakin kuat. Maka diusia kehamilan ini, ibu bisa mengonsumsi makanan dengan lebih enak. Namun pastikan untuk konsumsi makanan secara sehat dan seimbang.
  • Diusia kehamilan ini pula menjadi kesempatan bagi ibu untuk lebih meniikmati masa kehamilan. Bahkan ibu bisa mengambil waktu untuk berlibur ketempat yang diinginkan karena janin sudah lebih kuat untuk diajak bepergian. Namun tentunya pastikan untuk memeriksakan kehamilan sebelumnya. Pilih pula lokasi liburan yang aman dan nyaman. Dengan kondisi tubuh dan mental ibu yang sehat dan bahagia, maka perkembangan janin 22 minggu dan seterusnya juga akan lebih baik dan lancar.