Kehamilan

Hamil 4 Bulan dan Upaya Ibu Untuk Menjaga Tumbuh Kembang Janin

Kehamilan ibu kini sudah memasuki trimester kedua. Ini berarti janin ibu mengalami perkembangan yang kian pesat. Namun tentu saja ketika ibu hamil 4 bulan juga ada berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh ibu. Selain ukuran perut yang membuncit, berbagai perubahan fisik pada ibu kian signifikan. Namun disisa kehamilan 4 bulan ini juga biasanya menjadi awal dimana ibu mulai bisa menjalani kehamilan dengan lebih nyaman. Ini karena memasuki trimester kedua, berbagai gejala morning sickness mulai berkurang bahkan tidak muncul sama sekali. Tentu saja ini menjadi kabar gembira untuk ibu karena ibu mulai bisa menjalani aktifitas dengan tubuh yang terasa lebih bugar dan fit.

Berikut berbagai perubahan yang terjadi pada ibu ketika memasuki kehamilan 4 bulan:

  • Diusia kehamilan trimester kedua ini, perut ibu sudah mulai terlihat buncit meskipun memang tidak begitu terlihat dan masih bisa tertutupi ketika ibu mengenakan pakaian longgar. Penting untuk diketahui bahwa diusia ini terjadi kenaikan bobot dan ukuran tubuh janin yang memicu pembesaran plasenta dan rahim ibu. Rata-rata perut ibu diusia ini sudah seperti orang yang kekenyangan makan. Namun tentu saja ini juga tergantung pada proporsi tubuh setiap individu karena ada juga ibu yang perutnya masih rata meskipun kehamilannya sudah mencapai 4 bulan.
  • Diusia kehamilan ini biasanya ibu sudah mulai bisa makan dengan enak karena morning sickness semakin jarang muncul. Bahkan nafsu makan ibu bisa meningkat sampai berkali-kali lipat. Ini memang wajar dan memang diperlukan agar ibu bisa mencukupi kebutuhan nutrisi janin dalam kandungan. Namun pastikan untuk konsumsi makanan bernutrisi dan seimbang.
  • Perubahan hormonal masih terjadi ketika ibu menjalani hamil 4 bulan. Namun tentu saja tidak se-intens di trimester pertama. Ibu bisa mengontrol mood dengan mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi sehat agar hormon juga tetap seimbang. Selain itu, ibu bisa mulai melakukan rutinitas olahraga ringan untuk menurunkan hormon penyebab stres dan menjaga agar tubuh tetap fit.
  • Karena diusia kehamilan ini tubuh ibu mulai mengalami kenaikan bobot, maka tidak jarang ibu lebih sering merasa perut begah. Maka dianjurkan untuk ibu mulai mengenakan pakaian yang nyaman dan tidak ketat. Sehingga perut ibu tidak tertekan dan ibu bisa nyaman dalam bergerak. Selain itu, disarankan juga bagi ibu untuk tidak mengenakkan sepatu berhak tinggi seperti high heels, wedges, maupun stiletto. Ini bisa memberikan tekanan pada tubuh bagian bawah dan menganggu kesehatan janin serta kenyamanan ibu sendiri.
  • Diusia kehamilan ini adalah waktu yang tepat untuk ibu mulai melakukan aktifitas fisik misalnya olahraga maupun jalan-jalan. Namun memang untuk melakukan perjalanan jauh belum direkomendasikan diusia kandungan ini. Kondisi janin memang lebih kuat namun belum cukup kuat menghadapi berbagai stres yang diakibatkan perjalanan jauh misalnya ketika ibu harus naik turun kendaraan atau duduk dalam waktu yang lama. Jika jenuh, ibu bisa jalan-jalan setiap pagi atau sore. Ini juga baik untuk menjaga kebugaran tubuh ibu.

Menjalani kehamilan di trimester kedua bisa dibilang menjadi momen kebangkitan bagi ibu karena tubuh ibu sudah bisa menyesuaikan dengan berbagai perubahan hormonal. Ini merupakan periode dimana ibu bisa menjalani kehamilan dengan lebih nyaman. Hamil 4 bulan memang belum memberikan perubahan fisik yang signifikan. Namun ini akan terjadi di periode-periode selanjutnya.