Info Kesehatan Supaya Nafsu Makan Anak Semakin Meningkat

Bila berbicara mengenai anak-anak pastinya ada beberapa orang tua yang mengeluh hanya karena si anak susah sekali untuk makan. Memang ada beberapa anak yang mengalami hal demikian. Saat ia di beri makanan tertentu, ia tak memakannya dan seakan menginginkan makanan yang lainnya.

Jika sudah begini, orang tua pun seakan merasa jengkel sekali dengan buah hatinya yang susah makan dengan beragam alasan yang ia lontarkan. Jika hal ini anda biarkan secara terus-menerus maka kesehatan tubuh anak anda pun semakin menurun. Dan bisa menghambat tumbuh kembang si kecil. Lantas apa sajakah kira-kira yang bisa dilakukan orang tua supaya nafsu makan anak semakin meningkat?

Kini anda tidak perlu khawatir lagi sebab saat ini sudah tersedia info kesehatan yang membahas mengenai cara meningkatkan nafsu makan anak anda. Memang sudah seharusnya sebagai orang tua, anda perlu perkirakan berapa asupan kalori yang telah dibutuhkan oleh si kecil. Biasanya kebutuhan kalori anak berbeda-beda sesuai dengan umurnya. Jika anak anda sudah berusia sekitar 2 hingga 3 tahun biasanya ia membutuhkan asupan kalori sebesar 1000 hingga 1400 kalori.

Tips penting untuk meningkatkan nafsu makan anak

Biasanya ada berbagai alasan yang membuat anak menjadi kurang nafsu makan. Entah itu karena tegang, stress, tampilan makanan yang kurang menarik atau bahkan efek samping dari sebuah obat. Kini berdasarkan info kesehatan yang ada, anda bisa menerapkan berbagai tips berikut ini supaya nafsu makan anak anda semakin meningkat. Inilah berbagai tips yang bisa anda lakukan supaya nafsu makan anak anda meningkat. Di antaranya:

  • Jangan terlalu memaksa

Terkadang banyak orang tua memaksa anaknya untuk makan hanya karena khawatir dengan kesehatan tubuhnya. Hal ini tentu saja hanya akan membuat si anak malah berlari dan tidak mau makan.

  • Hadirkan tampilan menarik pada makanan

Biasanya sang anak akan mudah tertarik dengan sajian yang berwarna-warni. Tidak ada salahnya anda mengkombinasikan sayuran dengan warna yang berbeda-beda. Dengan begitu anak anda pastinya akan mulai tertarik untuk memakannya. Selain sayuran, anda juga bisa mendukungnya dengan beragam asupan makanan bergizi yang lainnya.

  • Menggoda menggunakan aroma makanan

Supaya nafsu makan anak anda semakin meningkat, alangkah baiknya anda menggodanya dengan aroma makanan tertentu yang bisa membuatnya tergoda. Anda tentunya bisa menyajikan suatu makanan yang masih hangat atau baru selesai di masak. Sebaiknya anda hidangkan sajian yang lezat dengan aroma yang paling menggoda

  • Bagi dalam porsi yang kecil

Jika anda menghadirkan satu piring penuh makanan, yang ada hanya akan membuat nafsu makan anak semakin menurun. Untuk itu anda bisa membagi porsi makannya ke dalam porsi yag lebih kecil sehingga bisa anda sajikan untuk beberapa kali makan. Selain itu, dengan porsi yang kecil tentunya anda semakin mudah menyiapkan makanan untuk anak anda.

  • Membiasakan makan secara perlahan

Jika anda membiarkan anak anda mengunyah makanan secara perlahan, tentu saja bisa membuat si anak mengukur rasa laparnya. Tanyakan kepada anak apakah ia sudah kenyang saat anda ingin memberikan makanan tambahannya.

  • Ketika makan batasi minumannya

Supaya nafsu makan anak anda semakin terjaga dan bisa mencegah rasa kenyang, maka anda perlu menghindarinya dengan membatasinya minumannya. Sangat di sarankan untuk menikmati makanan terlebih dahulu sampai selesai baru di perbolehkan untuk minum.

  • Saat menyiapkan makanan libatkan anak anda

Tidak ada salahnya anda mengajak anak anda berbelanja atau sekedar menyiapkan makanan yang akan anda sajikan. Pastinya anda sebagai orang tua lebih tahu jenis makanan apa yang paling disukai anak anda.

  • Berkonsultasi ke dokter

Apabila anda merasa masih bingung dan terlalu khawatir maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu tentunya anda bisa mendapatkan saran yang tepat supaya nafsu makan anak anda semakin meningkat.

Memang banyak sekali tips yang bisa anda lakukan supaya nafsu makan anak anda semakin meningkat. Berdasarkan info kesehatan, banyak hal yang bisa membantu para orang tua untuk meningkatkan nafsu makan si anak.