Ini dia Tanda-Tanda Mau Melahirkan

Menginjak usia kehamilan tua, merupakan awal dari masa-masa persalinan yang membutuhkan banyak persiapan, maka dari itu sebelum melakukan persalinan, setidaknya anda sudah mempersiapkan apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan, namun tentunya, anda harus tau, apa saja tanda-tanda mau melahirkan yang terjadi pada emosional dan fisik anda, seperti berikut :

  1. Nyeri, begitulah yang akan anda rasakan menjelang melahirkan, nyeri pada bagian punggung, kram seperti sedang pramenstruasi, dan sakit perut yang hebat.
  2. Anda juga akan sulit beristirahat dan tidur
  3. Anda akan sering buang air kecil, beberapa jam sebelum persalinan bahkan beberapa hari sebelum persalinan, selama masa kehamilan serviks anda tertutup oleh lendir kental, dan saat memasuki persalinan serviks anda kembali membesar dan mengelurakn lendir tersebut melalui vagina, warna yang dikeluarkan bisa saja berwarna merah muda, bening, atau sedikit berdarah. Tetapi lendir yang keluar berwarna merah atau ada juga yang bercampur dengan darah tidak bukan menjadi tanda tanda mau melahirkan.
  4. Kontraksi palsu juga akan dirasakan saat mau melahirkan, kontraksi palsu atau Braxton Hicks adalah suatu keadaan perut yang mengencang yang datang lalu pergi, tetapi mengencangnya perut, tidak sekuat seperti hendak kontraksi saat benar-benar akan melahirkan, kontraksi palsu berlangsung selama 30 – 120 detik saja, Braxton Hicks, dapat hilang ketika anda berganti posisi atau dalam keadaan relax, biasnaya kontraksi ini terasa sebelum anda merasakan kontraksi yang sebenarnya. Kontraksi Braxton terjadi pada daerah panggul perut, jika kontraksi sungguhan terjadi dibagian belakang punggung lalu ke bagian bawah perut.
  5. Jaringan pada serviks menjadi melunak dan elastis, karena bersiap untuk melahirkan, berbeda ketika anda sudah pernah melahirkan, serviks akan lebih mudah melunak dan lebih mudah menjadi elastis. Namun untuk yang baru pertama melahirkan, perubahan atau pembukaan serviks sebesar 1 cm tidak dapat menjadi jaminan sebagai tanda-tanda melahirkan.
  6. Pecahnya air ketuban, merupakan tanda yang paling umum dirasakan dan diketahui oleh banyak orang, sebagian wanita merasakan terlebih dahulu kontraksi sebelum pecahnya air ketuban, namun ada juga yang merasakan pecah ketuban dulu sebelum merasakan kontraksi, saat hal ini terjadi langsung disusul dengan persiapan persalinan yang segera. Namun yang berbahaya adalah, ketika anda sudah mengalami pecah ketuban namun tidak merasakan kontraksi hal ini akan berdampak pada bayi anda yang akan mudah terserang infeksi, hal tersebut karena, cairan yang berguna untuk melindungi bayi sudah habis, jika sudah terjadi, proses induksilah yang bisa dilakukan untuk keselamatan sang bayi. Bila sudah pecah ketuban segera lah untuk melakuakn persalinan atau bergegas menuju tempat persalinan, karena pada umumnya terjadinya persalinan setelah 24 jam saat pecahnya ketuban.