Kesehatan Anak

Jaga Kesehatan Anak Balita Anda Sejak Dini Dengan Berbagai Tips Ini

Anak yang masih usia balita bahkan anak-anak memang begitu rentan sekali terkena suatu infeksi penyakit. Hal ini tentu saja dikarenakan sistem imun anak masih terbilang begitu lemah bahkan belum mampu berfungsi lebih baik. Maka dari itu, peran dari orang tua sangat penting dalam menjaga kesehatan anak balita. Kesehatan memang sangat berpengaruh sekali dalam tumbuh kembang si kecil. Pantas saja jika anda sebagai orang tua harus selalu menjaga kesehatan anak anda sejak usia dini.

Cara paling sederhana yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan anak balita anda tentu saja bisa anda mulai dengan terapkan berbagai kebiasaan yang baik guna menjaga kebersihannya sekaligus memberikan suatu asupan makanan yang bergizi. Dengan begitu, maka sistem kekebalan tubuh si kecil semakin meningkat dan bisa melawan berbagai virus penyakit yang mungkin bisa menyerang anak balita anda.

Selalu menjaga kesehatan anak balita memang hal yang terbilang gampang-gampang susah. Sebab ada juga anak yang sulit sekali untuk diatur apalagi diarahkan untuk hal yang baik dan bisa menjaga kesehatan tubuhnya. Maka dari itu, anda perlu menerapkan berbagai cara supaya kesehatan anak balita anda tetap terjaga. Inilah berbagai tips yang perlu anda terapkan yaitu:

Berikan asupan makanan yang bergizi

Ada baiknya anda selalu melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh anak balita anda dengan asupan makanan yang bergizi. Dengan begitu tahap perkembangan tubuh si kecil pun tidak akan lagi terhambat. Anda bisa melengkapi asupan yang dibutuhkan tubuhnya seperti kalsium, vitamin, mineral, protein atau bahkan nutrisi penting yang lainnya. Yang terpenting anda bisa melengkapi asupan gizinya tanpa harus membeli yang mahal.

Membiasakan anak balita memiliki waktu istirahat

Memang sudah seharusnya anda bisa memberikan waktu istirahat yang cukup untuk anak anda baik itu saat siang hari maupun malam hari sekalipun. Maka dari itu anda perlu menjadwalkan waktu tidur yang cukup untuk si kecil. Hal ini bertujuan agar kesehatan anak balita anda selalu terjaga dan tidak terserang penyakit hanya karena kelelahan bermain. Dengan waktu istirahat yang cukup maka sistem imun si kecil pun bisa terbentuk dan mampu membuat si kecil tidak mudah terserang suatu penyakit.

Menjaga selalu kebersihan anak balita

Memang sudah seharusnya anda selalu menjaga kebersihan anak balita anda. Entah itu dari segi kebersihan pakaian, badan maupun makanan yang ia konsumsi. Ajarkan selalu anak balita anda untuk hidup yang bersih dengan membiasakannya selalu mencuci tangan sebelum ia makan, setelah buang air besar bahkan juga setelah ia bermain sekalipun. Apalagi untuk lingkungan tempat tidurnya anda memang harus lebih ekstra lagi menjaga kebersihannya. Usahakan agar kamar anak balita anda dalam keadaan yang tidak lembab dan selalu dalam kondisi yang bersih.

Memberikan asupan sayur dan buah yang cukup

Adanya kandungan mineral dan juga vitamin yang ada pada buah dan sayur tentu saja bisa membantu anda melengkapi segala kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang kesehatannya. Selain itu, adanya suatu kandungan antioksidan juga sangat bagus untuk tingkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak balita anda.

Mengajak anak balita berolahraga

Setidaknya dengan mengajak anak anda berolahraga maka tubuhnya pun akan semakin bugar sehingga tetap terjaga kesehatannya. Anda tidak perlu mengajak anak anda untuk olahraga yang berat melainkan hanya cukup mengajaknya untuk jalan santai atau bahkan bersepeda santai. Dengan begitu maka sistem imun anak balita anda akan semakin meningkat dan bisa membuatnya tidak mudah terserang penyakit.

Selalu periksakan kondisi tubuh anak ke dokter

Memang sudah seharusnya anda mengecek kesehatan anak balita anda kedokter untuk mencegah berbagai virus yang mungkin bisa mengganggu tumbuh kembangnya.

Itulah tadi beragam tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan anak balita anda supaya bisa terhindar dari beragam penyakit yang membahayakan. Biasakan anak anda untuk selalu menjaga kebersihannya agar kuman penyakit tidak datang kepadanya. Imbangi juga dengan memberikan asupan makanan yang bergizi serta memberikan asupan buah dan juga sayur yang cukup untuk kebutuhan nutrisi tubuhnya.