Kesehatan

Kanker Kelenjar Getah Bening

Ketika seseorang mengalami penyakit kanker itu merupakan merupakan hal yang tidak ingin terjadi pada setiap manusia , karena kanker merupakan musuh penyakit yang berbahaya yang dapat memnyebabkan si penderita mengalami sakit yang parah atau hingga meninggal dunia, kanker yang sering timbul dan di derita yaitu seperti kanker Rahim , kanker otak, atau kanker yang selalu terjadi tanpa memandang usia atau jenis kelamin yaitu kanker kelenjar getah bening.

Kanker kelenjar getah bening ini merupakan lanjutan proses dari kanker sebelumnya yaitu kanker getah bening yang dimana pembekakan tersebut makin bertumbuh sehingga kelenjar dalam getah bening bertambah besar seperti adanya gumpalan jaringan sel darah putih yang mengakibat ukuran nya seperti kelereng.

Dalam dunia medis ,kelenjar getah bening dapat membantu sebagai media system kekebalan tubuh dalam organ manusia yang dapat mencegah adanya infeksi seperti virus dan tentu juga sebagai penghalang agar tidak adanya bakteri masuk ke dalam tubuh manusia secara menyeluruh, dalam proses tersebut kelenjar getah bening ini akan beraktivitas seperti mestinya ketika telah menyaring bakteri atau pun virus maka kelenjar getah bening ini akan mengecil secara sendiri nya.

Ada beberapa jenis kanker kelenjar getah bening yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non Hodgkin

  1. Limfoma Hodgkin sering terjadi pada posisi limfoid serta limfoma Hodgkin ini menyerang pria yang berusia yang masih muda seperti pada usia 20 tahun sampe 50 tahun ke atas dan penyebabnya adanya limfoma Hodgkin ini adanya beberapa sel yang tidak bekerja seperti mestinya.
  2. Limfoma non Hodgkin ini terjadi pada fase stadium lanjutan yang dimana, kanker ini makin memperluas ke berbagai orgam dalam lainnya sepeti daerah ginjal hingga ke arah jantung dan sampai pada posisi badan belakang yaitu sumsum tulang belakang dan limfoma non Hodgkin lebih parah dari fase sebelumnya yang dapat mengakibatkan kematian pada si penderita.

Ada beberapa hal yang mengakibatkan adanya kanker kelenjar getah bening ini yaitu seperti bahasan di bawah ini

  1. Adanya penyakit kanker kelenjar getah bening ini dari keturunan
  2. Terkena dampak asap rokok atau perokok pasif
  3. Turunnya system kekebalan dalam tubuh yang mengakibatkan kanker kelenjar getah bening timbul
  4. Pola hidup yang tidak teratur serta pola makan yang tidak sesuai yang menjadi fakto timbulnya kanker kelnjar getah bening juga
  5. Dan yang terakhir kurangnya aktivitas berolahraga yang dapat menurunkan system kekebalan dalam tubuh.

Ketika gejala kanker kelenjar getah bening telah muncul , disarankan harus datang ke rumah sakit atau mendatangi dokter yang sesuai sehingga dapat mencegah dan menghilangkan gejala kanker kelenjar getah bening ini.