Keluhan yang Sering Dirasakan Saat Kehamilan Trimester Pertama

Kehamilan tentu saja menjadi salah satu hal yang paling di dambakan bagi mereka pasangan yang baru menikah.  Apalagi kehamilan saat trimester pertama ini menjadi masa yang paling penting. Saat itu juga perkembangan janin pun dimulai bahkan sistem organ janin bayi pun mulai terbentuk dengan sempurna. Pantas saja saat kehamilan trimester pertama ini sang ibu mulai alami suatu perubahan hormonal maupun fisik.

Biasanya awal kehamilan ibu akan sering merasa pusing bahkan juga mual. Bahkan sering pula ibu hamil sering emosi. Hal tersebut memang hal yang masih wajar dan dialami banyak wanita hamil. Kehamilan trimester pertama memang begitu sensitif jadi wajar saja jika masih rawan terjadi keguguran. Supaya kehamilan anda tetap terjaga dan janin bayi anda selalu dalam kondisi yang sehat. Maka ibu hamil perlu melakukan beragam perawatan dengan mengatasi segala macam keluhan yang muncul.

Lantas apa sajakah keluhan yang dirasakan oleh Ibu hamil selama kehamilan trimester yang pertama? Jika anda masih penasaran, inilah berbagai keluhan ibu hamil saat kehamilan trimester pertama yang perlu anda ketahui.

keluhan yang dirasakan selama kehamilan trimester

Merasakan mual dan muntah

Wajar saja saat kehamilan trimester pertama ibu hamil mengalami hal tersebut. Hal ini bisa terjadi karena hormon beta HCG yang berada pada darah. Tetapi jika mual dan muntah anda di rasa sudah berlebihan. Alangkah baiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter.

Mengalami demam tinggi

Jika kita bandingkan dengan orang yang tidak hamil, suhu tubuh dari ibu hamil ini memang tergolong lebih tinggi. Bisa saja suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius atau bahkan lebih dari itu.

Mengalami pendarahan

Ketika trimester pertama ibu hamil mengalami pendarahan, itu tandanya terjadi gejala serius yang menandakan bahwa kehamilan anda sedang dalam masalah. Meskipun pendarahan yang anda alami ini tergolong ringan, alangkah baiknya anda konsultasikan kondisi kehamilan anda ke dokter.

Insomnia

Saat masa kehamilan trimester pertama, biasanya ibu yang hamil akan kesulitan tidur saat malam hari. Wajar saja hal ini terjadi karena sang ibu sudah mengalami suatu perubahan pada pola tidurnya sehingga rasa mengantuk pun justru terasa ketika pagi hari.

Itulah tadi beragam keluhan yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil saat kehamilan trimester yang pertama. Saat itu memang saat yang paling rentan bagi ibu hamil. Sehingga mereka perlu memperhatikan kesehatan tubuhnya sekaligus si janin agar tetap dalam keadaan yang sehat. Perkembangan janin bayi biasanya tergantung pada bagaimana seorang ibu bisa merawat kehamilannya hingga hari persalinannya tiba. Jangan sampai sesuatu hal yang buruk terjadi pada kehamilan anda karena kurangnya anda menjaga kesehatan tubuh anda.