Kenali Berbagai Penyebab dari Kram Perut Saat Hamil

Kram perut memang sering terjadi pada ibu hamil, namun terasa tidak nyaman sekali jika anda mengalaminya. Kram yang anda rasakan ini bisa jadi karena rahim anda sedang mengalami kontak dengan stimulus maupun sekitarnya. Biasanya kram perut ini akan anda alami ketika anda sedang hamil muda. bisa juga kram yang anda rasakan ini menjadi suatu masalah medis serius yang perlu anda waspadai.

Saat sel telur telah di buahi oleh sel sperma yang menempel pada dinding rahim maka kram pun bisa timbul mirip sekali dengan kram saat wanita mengalami menstruasi. Pantas saja ada beberapa wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Timbulnya kram perut ini memang menjadi salah satu tanda kehamilan awal. Biasanya kram perut yang ringan akan disertai dengan adanya bercak darah yang keluar selama 8 hingga 10 hari pasca mengalami ovulasi. Biasanya saat itu darah hanya bisa keluar selama 1 hingga 2 hari saja.

Lantas apa sajakah penyebab dari kram perut saat hamil? Tentunya ada berbagai hal penting yang perlu anda ketahui mengapa bisa terjadi kram perut ketika hamil. Inilah berbagai penyebab kram perut saat hamil yang perlu anda ketahui. Di antaranya:

Penyebab dari Kram Perut Saat Hamil

  1. Terjadi konstipasi dan perut terasa kembung

Biasanya saat hamil, terjadi suatu peningkatan dari kadar hormon progesteron. Akibat hormon tersebut, proses pencernaan pun akhirnya semakin melambat dan bisa menyebabkan perut anda terasa kembung. Sehingga perut kembung ini pun bisa menyebabkan kram pada perut anda. Biasanya kram perut ini bisa timbul saat masa kehamilan trimester yang kedua bahkan juga ketiga kehamilan.

Bagi anda yang mengalaminya, anda tak perlu khawatir lagi karena anda bisa mencegah hal tersebut. Caranya juga mudah sekali hanya perlu makan secara perlahan, perbanyak minum air, mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat dan lain sebagainya. Apabila cara tersebut tak lagi mempan, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter.

  1. Adanya aliran darah ke rahim

Saat masa kehamilan biasnaya tubuh akan memasok banyak darah menuju ke rahim. Sehingga hal tersebut bisa menimbulkan suatu sensasi tersendiri seperti halnya area rahimyang terasa seperti tertekan. Jika anda mengalaminya sebaiknya anda coba untuk berbaring ataupun bisa juga dengan berendam air yang hangat supaya bisa meredakannya.

  1. Mengalami Kehamilan ektopik

Kehamilan tersebut bisa terjadi karena sel telur yang telah di buahi justru menempel pada tempat lain selain pada rongga rahim. Kehamilan etopik ini bisa memicu terjadinya kram perut saat hamil. Jika sudah begini anda perlu memeriksakan kondisi tubuh anda ke dokter.

Itulah tadi berbagai penyebab terjadinya kram perut saat hamil. Setidaknya anda perlu menjaga kesehatan tubuh anda sekaligus janin bayi supaya selalu dalam keadaan yang sehat hingga proses persalinannya nanti.