Kenali Gejala Serangan Jantung Sejak Dini

Serangan jantung merupakan suatu kondisi dimana pasokan darah yang menuju ke jantung mengalami hambatan. Serangan jantung biasanya terjadi dikarenakan oleh adanya penggumpalan darah, penumpukan lemak, ataupun kolesterol yang tinggi. Hal-hal tersebut akan menyumbat pembuluh darah koroner yang memasok darah ke jantung. Akibat adanya hambatan tersebut yang dapat mengganggu aliran darah menuju jantung dapat merusak otot jantung dan tentunya akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

 

Serangan jantung dapat terjadi secara tiba-tiba dan harus secepatnya ditangani oleh bantuan medis agar tidak berakhir fatal. Saat ini banyak sekali kematian yang disebabkan oleh serangan jantung. Oleh karena itu mengenali gejala-gejala pada serangan jantung ini harus dilakukan sejak dini. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya serangan jantung yang tiba-tiba dan akan berakibat fatal. Setiap manusia yang ada di dunia ini harus selalu waspada dan segera memeriksakan kesehatan jantungnya ke dokter apa bila mengalami gejala-gejala sebagai berikut:

  1. Merasakan Nyeri Di Bagian Dada

Gejala yang paling sering terjadi pada pasien yang memiliki masalah pada jantung ini menjadi alarm untuk mereka melakukan pemeriksaan ke dokter. Nyeri pada bagian dada ini biasanya ditandai dengan adanya tekanan yang kuat dan sangat menyakitkan di bagian tengah dada. Biasanya apabila serangannya ringan dan tidak terlalu parah maka durasi nyeri pada dada akan terjadi kurang dari 20 menit. Dan apabila terjadi nyeri yang berlebih pada bagian tengah dada, maka diharuskan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secepatnya untuk langkah awal untuk mengantisipasi serangan jantung yang dapat terjadi kapan saja.

  1. Merasa Sakit pada Bagian Tubuh Lain

Saat seseorang mempunyai masalah pada jantungnya maka ada bagian-bagian tubuh lainnya yang akan merasa sakit selain pada bagian dada. Biasanya yang paling sering merasa sakit adalah pada bagian kaki atau pinggul. Gejala yang dirasakan adalah ia akan merasa kram pada bagian kaki atau pinggul. Hal ini sering sekali diabaikan oleh para pasien penderita gangguan pada jantung. Namun ternyata gejala ini juga dapat menjadi masalah yang cukup serius karena dapat menimbulkan penyakit arteri perifer yang merupakan penyakit yang terjadi pada jantung dan dapat berbahaya.

  1. Merasa mudah capek dan lemas

Seseorang yang mudah merasa capek hingga lemas dan tak bisa melakukan aktivitas tertentu yang biasanya bisa dilakukan maka ia harus waspada dan memeriksakannya ke dokter. Karena itu merupakan tanda bahwa ada masalah pada jantung. Jika seseorang mudah merasa capek dan lemas yang berlebih itu disebabkan oleh jantung tidak bisa mengedarkan darah dengan baik ke seluruh tubuh. Mengingat bahwa tugas dari jantung adalah untuk memompa dan mengedarkan darah. Oleh karena itu hal ini tak bisa diabaikan jika tidak ingin berakhir dengan fatal.