Kenali Penyakit Kuning Sejak Dini

Penyakit kuning merupakan suatu kondisi dimana menguningnya bagian-bagian tubuh seperti kulit, sklera, dan membran mukosa hidung serta mulut yang diakibatkan oleh adanya penumpukan bilirubin di dalam darah. Bilubirin sendiri dibentuk proses pemecahan sel darah merah dan tubuh biasa mengeluarkan bilubirin ini melalui organ hati. jika dalam proses pengeluaran bilubirin mengalami gangguan, maka hal tersebutlah yang mengakibatkan terjadinya penyakit kuning tersebut.

Dan kondisi ini dapat terjadi pada bayi yang baru lahir. Namun anda tak perlu khawatir karena biasanya pada bayi yang baru lahir gejala ini akan menghilang dengan sendirinya tanpa perlu diobati.  Kondisi bayi yang lahir dengan kondisi tubuhnya nampak berwarna kuning juga dikarenakan fungsi yang ada di dalam tubuhnya belum berkerja secara maksimal.  Selain dapat terjadi pada bayi, penyakit kuning juga dapat menyerang orang dewasa. Apabila anda merasakan munculnya gejala-gejala seperti perubahan warna kulit, sklera dan membran mukosa hidung dan mulut yang menguning segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit kuning yang harus anda ketahui:

  1. Pre-hepatic

Pre-hepatic merupakan kondisi dimana Sel darah merah mengurai terlalu cepat yang mengakibatkan kadar bilubirin meningkat dan menumpuk di dalam darah. Jika kadar bilubirin menumpuk maka dapat menimbulkan dampak yang berbahaya bagi tubuh karena bilubirin itu harusnya dibuang bukan disimpan. Pre-hepatic ini terjadi karena disebabkan oleh penyakit anemia hemolitik. Dan kondisi ini dapat diderita oleh segala usia dari mulai bayi hingga usia lanjut.

  1. Intra-hepatic

Berbeda dengan pre-hepatic, karena intra-hepatik merupakan kondisi dimana hati mengalami kerusakan dan membuat proses penyeluaran bilubirin di dalam tubuh menjadi terganggu. Apabila fungsi hati dalam membuang bilubirin rusak maka bilubirin akan menumpuk dan mengendap di dalam darah. Intra-hepatic ini disebabkan oleh penyakit hepatitis dan sirosis yang cukup serius. Biasanya inta-hepatic ini diderita oleh manusia dewasa diusia paruh baya ke atas. Karena semakin lama usia manusia maka semin rentan terserang berbagai macam penyakit.

  1. Post-hepatic

Post-hepatic merupakan kondisi dimana terjadinya gangguan pada saluran empedu yang mengakibatkan bilubirin tidak terbuang semua. Pada dasarnya bilubirin itu harus terbuang semua oleh hati tidak boleh sampai menumpuk karena akan sangat berbahaya dampaknya bagi tubuh anda. Kondisi seperti ini terjadi karena disebabkan oleh adanya batu empedu, tumor, dan pankreatitis. Post-ihepatic ini banyak diderita oleh mereka yang sudah memasuki usia paruh baya.

Ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya penyakit kuning ini. Anda harus bisa meminimalisasi terjadinya resiko penyakit kuning bagi orang-orang yang ada disekitar anda. Caranya adalah dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Yang terpenting untuk mencegah penyakit kuning ini dengan melakukan vaksin hepatitis A dan hepatitis B.