Ketahui Ciri Ciri Hamil Yang Bisa Dideteksi Sendiri

Sudah menjadi hal yang sewajarnya jika pasangan suami istri menanti kehadiran buah hati. Bahkan tidak jarang sang istri terus memperhatikan ciri ciri hamil yang bisa menjadi indikasi adanya bayi dalam kandungan. Sebenarnya ada banyak ciri atau tanda kehamilan yang bisa dirasakan atau dideteks sendiri oleh perempuan atau calon ibu. Ciri yang paling mudah ialah terlambat datang bulan. Ini menjadi tanda yang paling umum untuk perempuan mengidentifikasi apakah dirinya tengah mengandung atau tidak. Namun memang tidaklah cukup jika hanya mengandalkan pada satu tanda ini saja. Terlebih terlambat datang bulan juga biasa dialami perempuan bahkan yang belum menikah sekalipun. Terlambat datang bulan merupakan hal yang alami dan bukan menjadi satu-satunya faktor penentu kehamilan.

Apa saja ciri atau tanda kehamilan yang perlu diketahui?

Perlu diketahui bahwa ciri atau tanda kehamilan pada setiap perempuan berbeda-beda. Ini merupakan hal biasa yang terjadi. Namun memang ada beberapa ciri umum selain terlambat datang bulan yang menjadi tanda kehamilan yang bisa diketahui. Berikut beberapa diantaranya:

  • Lebih sering buang air kecil daripada biasanya. Biasanya ciri ini muncul bahkan tanpa disebabkan karena minum berlebihan sebelumnya. Selain itu, meningkatnya frekuensi buang air kecil yang menjadi tanda kehamilan biasanya terjadi pada malam hari.
  • Terjadi perubahan pada payudara dimana biasanya payudara terasa lebih padat dan lebih kencang bahkan beberapa perempuan merasakan payudara yang lebih sensitif diawal kehamilan. Ciri yang satu ini biasanya disebabkan karena adanya perbuahan hormon pada tubuh.
  • Ciri ciri hamil selanjutnya ialah mual dan muntah. Ini juga menjadi ciri yang cukup umum dikenali dimasyarakat sebagai tanda kehamilan tahap awal. Biasanya, mual dan muntah yang menjadi ciri kehamilan seringnya terjadi pada pagi hari.
  • Ciri awal kehamilan juga bisa ditandai dengan munculnya bercak darah. Ini menjadi tanda bahwa sel telur yang telah dibuahi telah menempel didinding rahim.
  • Lebih cepat lelah juga menjadi salah satu ciri hamil yang bisa diidentifikasi sendiri. Lelah dalam hal ini tidak disebabkan karena melakukan aktifitas berat. Ini biasanya disebabkan karena ada perubahan pada tubuh yang signifikan seperti metabolisme, produksi darah, meningkatnya hormon, dll.
  • Nafsu makan yang berkurang juga bisa menjadi ciri hamil. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh. Selain itu, saat kehamilan dimulai, perempuan menjadi lebih senisitif terhadap berbagai macam bau. Sehingga mencium aroma makanan justru bisa membuatnya kehilangan nafsu makan.
  • Sensitif terhadap aroma dan bau juga menjadi ciri umum pada awal kehamilan. Bukan hanya sensitif terhadap aroma yang tidak sedap saja, namun juga pada aroma yang harus sekalipun seperti pewangi. Biasanya diawal kehamilan perempuan akan banyak mengeluhkan tentang bau-bau disekitarnya.
  • Mood swings atau perubahan mood yang tiba-tiba dan tidak terprediksi menjadi ciri kehamilan. Ini dipengaruhi oleh perubahan hormon pada tubuh.
  • Ciri hamil selanjutnya ialah sering merasa pusing tanpa sebab. Namun biasanya hal ini dipicu oleh menyempitnya pembuluh darah serta menurunnya tekanan darah dimasa awal kehamilan.

Setiap perempuan bisa mengalami ciri kehamilan yang berbeda. Untuk itu, sangat direkomendasikan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan jika sudah muncul banyak ciri ciri hamil seperti yang telah disebutkan diatas. Bisa juga dengan menggunakan alat test pack terlebih dahulu sebelum memeriksakan diri ke dokter kandungan.