Ketahui Doa Ibu Hamil Untuk Mendukung Kelancaran Kehamilan dan Persalinan

Menjalani kehamilan memang bukanlah hal yang mudah. Selain menguras fisik, kehamilan juga membutuhkan mental yang kuat. Tidak heran jika banyak ibu yang menggantungkan diri pada doa doa tertentu ketika hamil agar diberikan kekuatan ketika menjalani kehamilan. Ada banyak sebenarnya doa ibu hamil dalam Islam yang bisa ibu aplikasikan selama menjalani proses kehamilan. Tujuan utama dari doa-doa tersebut ialah agar ibu dan bayi senantiasa diberi perlindungan dan kekuatan sampai proses persalinan nantinya. Dengan mengumandangkan doa-doa pada kesehariannya, diharapkan ibu hamil bisa lebih tenang. Biasanya ibu hamil lebih rentan mengalami stres karena perubahan hormonal dan berbagai faktor yang menyebabkan ibu khawatir.

Beberapa doa untuk ibu hamil dalam Islam

“Rabbii habli miladunka dzurriyyatan thoyyibah. Innaka sammi’uddu’aa”
“Ya Allah berikanlah kepadaku dari sisiMu keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau adalah pendengar permohonan (doa).” (Q.S. Ali Imran : 38)

“Rabbii hablii minash shaalihiin”
“Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.”(Q.S. As-shaffaat: 100)

Idzqoolatimro ‘atu ‘imroona robbi innii naartu laka maa fii bathnii muharroron fa taqobbal minnii, innaka antas-samii’ul-‘aliim

“(ingatlah), ketika istri ‘Imran berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku bernazar kepada-Mu, apa (janin) yang dalam kandunganku (kelak) menjadi hamba yang mengabdi (kepada-Mu), maka terimalah (nazar itu) dariku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, maha Mengetahui.” (QS. Ali Imron:35)

“Rabbij’alnii muqiimash sholaati wa min dzurriyatii robbanaa wa taqobbal du’aa”
“Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku orang- orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.”(QS. Ibrahim 40)

“Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriiyaatinaa qurrota a’yun, waj ‘alnaa lil muttaqiina imaamaa”
“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Q.S. Al-Furqan : 74)

Ada juga doa ibu hamil lainnya yang bisa dibaca untuk memohon agar diberikan keturunan yang cerdas serta diselamatkan dan dilancarkan untuk proses persalinan. Berikut doanya:

Idzqoola yuusufu li’abiihi yaaa abati innii ro’aitu ada ‘asyaro kaukabaw wasy-syamsa wal-qomaro ro ‘aituhum lii saajidiin”

“(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan; ku lihat semuanya sujud kepadaku.”(Q.S. Yusuf ayat 4)

“Robbi auzi’nii anasykuro ni’matakallatii an’amta alaiyya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala shololihan tardhoh wa ashlihlii fii dzurriyyatii. innii tubtu ilaikawa inni minal muslimin”.
“Ya Allah Tuhan kami berilah kami ilham untuk tetap mensyukuri nikmatMu yang telah Engkau anugerahkan kepada kami dan kepada anak cucu kami. Sungguh kami bertaubat kepada MU dan sungguh kami adalah termasuk golongan orang yang berserah diri.”

Doa-doa tersebut bisa ibu baca setiap saat selama menjalani proses kehamilan sampai dengan waktunya persalinan. Selain membaca doa-doa khusus untuk ibu hamil diatas, dianjurkan juga untuk ibu membaca ayat suci Al-Quran terutama setelah mengerjalan sholat. Ibu hamil juga dianjurkan untuk sering membaca surat Alfatihah untuk keselamtan dan perlindungan, serta Yusuf dan Maryam untuk memperoleh keturunan berupa putra yang tampan dan sholeh seperti nabi Yusuf serta putri yang sholehah seperti Maryam.  Ini dapat membantu memebrikan ketenangan pada mental hati dan pikiran ibu yang biasanya stres dan mudah panik ketika menjalani kehamilan. Diharapkan dengan seringnya membaca berbagai doa ibu hamil diatas bisa memeprkuat kandungan dan membantu emmeprlancar persalinan nantinya.