Kesehatan

Ketahui gejala, penyebab sekaligus cara mengobati anemia

Sekarang ini memang banyak sekali penyakit yang menyerang manusia. Mulai dari penyakit yang kronis hingga penyakit yang biasa sekalipun. Salah satunya penyakit anemia yakni suatu penyakit dimana jumlah sel darah merah masih berada di bawah normalnya. Biasanya hemoglobin yang berada dalam sel darah merah, memiliki peranan yang begitu penting untuk mengangkut oksigen yang berasal dari paru-paru menuju ke seluruh tubuh anda.

Seperti halnya seorang pasien bisa dikatakan terkena penyakit  anemia jika konsentrasi hemoglobin pada laki-laki masih kurang dari 13,5 G/DL dan juga hematokrit masih kurang dari 41 %. Sedangkan untuk perempuan biasanya konsentrasi hemoglobin masih kurang dari 11,5 G/DL atau hematocrit kurang dari 36%.

Lantas apakah sebenarnya gejala dari penyakit anemia ini? Pastinya ada berbagai gejala yang bisa anda ketahui jika seseorang menderita penyakit tersebut. Inilah berbagai gejala anemia yang sering dirasakan oleh orang yang menderita penyakit tersebut. Di antaranya:

  • Terlihat pucat pada kulit wajah

Biasanya anda yang menderita anemia wajah anda kurang begitu bersemangat. Bisa dibilang wajah anda terlihat pucat sekali. Jika sudah begini, sebaiknya anda segera memeriksakan kesehatan tubuh anda ke dokter.

  • Kelopak mata terlihat pucat

Bukan hanya kulit wajah saja yang terlihat pucat, namun mereka yang menderita anemia ini kelopak matanya juga terlihat pucat. Hal ini tentu saja menjadi salah satu gejala umum dari penyakit anemia. Biasanya pemeriksaan akan dilakukan dengan cara meregangkan kelopak mata anda sembari melihat apa warna dari kelopak mata anda yang bagian bawah.

  • Mudah sekali merasa lelah

Meskipun anda tidak terlalu banyak aktivitas berat yang dilakukan namun anda mudah sekali merasakan lelah dalam kurun waktu yang cukup lama bahkan bisa juga berkepanjangan. Hal ini disebabkan karena pasokan energy yang dibutuhkan oleh tubuh masih kurang maksimal karena kurangnya sel darah merah.

  • Denyut jantung semakin tak teratur

Tahukah anda bahwa gejala dari penyakit anemia ini juga ditandai dengan denyut jantung yang tidak teratur. Bisa dibilang terlalu kuat sekali dan memiliki kecepatan iramanya juga terbilang tdak normal. Hal ini bisa saja terjadi di karenakan tubuh anda masih kekurangan asupan oksigen. Sehingga jantung anda pun akan berdebar secara tidak teratur. Jika sudah begini, lebih baik anda segera memeriksakan kondisi tubuh anda ke dokter.

  • Merasakan sesak napas

Biasanya bagi anda yang menderita penyakit anemia akan sering merasakan sesak nafas dan seperti terengah-engah saat melakukan berbagai aktivitas keseharian anda. Hal ini bisa saja dikarenakan pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh masih berkurang sehingga sel darah merah pun juga ikut berkurang.

  • Terlalu sering merasakan mual

Bagi mereka yang menderita penyakit anemia terkadang mereka akan sering merasakan mual saat pagi hari. Bisa dibilang rasa mualnya ini memang hampir sama dengan tanda kehamilan yang biasanya disebut dengan morning sickness.

  • Terlihat pucat pada bagian ujung jari

Kita bisa melakukan suatu pemeriksaan dengan cara menekan bagian ujung jari. Normalnya ketika ada tekan biasanya akan berubah menjadi merah. Namun bagi orang yang mengalami penyakit anemia, maka ujung jari bakalan berubah menjadi putih atau pucat.

  • Merasakan sakit kepala

Jika anda sedang kekurangan sel darah merah biasanya otak pun seakan kekurangan oksigen. Sehingga timbullah rasa nyeri pada kepala anda. Pantas saja penderita penyakit anemia sering mengeluhkan sakit kepala.

  • Semakin menurun kekebalan tubuhnya

Bagi mereka yang menderita anemia dari segi kekebalan tubuh memang menurun. Bahkan bisa saja dengan mudah terjangkit penyakit lainnya akibat system imun tubuh semakin melemah.

Itulah tadi berbagai gejala dari penyakit anemia yang umum terjadi. Jika anda sudah merasakan berbagai gejala diatas, alangkah baiknya anda segera memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter. Dengan begitu anda pun bisa mengatasi penyakit anda ini.

Berbagai faktor penyebab penyakit anemia

Biasanya faktor penyebab dari penyakit anemia ini yang sering dikeluhkan adalah perdarahan yang begitu berlebihan, pendarahan ususn, kurangnya asupan zat besi, kerusakan pada sel darah merah, gangguan fungsi sumsum tulang, kurangnya asupan asam folat, kekurangan vitamin B12 dan lain sebagainya. Selain berbagai faktor tersebut, nyatanya penyakit anemia ini juga memiliki berbagai faktor resiko yang lainnya. Meliputi:

  • Asupan zat gizi masih kurang
  • Adanya faktor dari keturunan
  • Saat menstruasi mengalami pendarahan yang berlebihan
  • Adanya gangguan usus
  • Kehamilan

Itulah tadi berbagai faktor penyebab adanya penyakit anemia. Setidaknya kini anda semakin tahu apakah penyakit anemia ini dan apa saja gejala yang sering hadir akibat penyakit tersebut.

Cara paling tepat melakukan pencegahan penyakit anemia

Apabila anda sudah tahu bahwa anda sedang menderita penyakit anemia. Tentunya anda bakalan berusaha semaksimal mungkin melakukan penyembuhannya. Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa anda tempuh dalam mencegah hadirnya penyakit anemia ini. Pencegahan penyakit anemia ini juga tergolong mudah sekali untuk anda lakukan. Saya rasa anda tidak akan merasa kesulitan untuk melakukannya.

Jika anda masih merasa bingung dengan cara pencegahannya, berikut inilah langkah cara yang bisa anda lakukan. Yaitu:

  • Memperbanyak konsumsi asam folat

Bagi anda penderita anemia sebaiknya anda lebih banyak mengkonsumsi berbagai makanan yang banyak mengandung asam folat. Seperti halnya sayuran hijau, pisang, jeruk, sereal, hingga jenis kacang-kacangan.

  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi

Memang sudah seharusnya anda mengkonsumsi berbagai macam makanan yang banyak mengandung zat besi. Seperti halnya sayur-sayuran, daging, kacang, dan lain sebagainya. Penuhilah asupan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Mengkonsumsi makanan yang banyak kandungan vitamin B12

Setidaknya anda bisa konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti halnya susu maupun daging sekalipun. Yang terpenting asupan tersebut bisa terpenuhi.

  • Konsumsi makanan maupun vitamin dengan kandungan vitamin C

Memang banyak sekali khasiat dari vitamin C yang bisa anda dapatkan. Salah satunya tentu membantu penyerapan zat besi. Ada banyak sekali makanan yang bisa anda konsumsi seperti buah jeruk, buah melon, maupun buah beri sekalipun.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai pengertian anemia, gejala penyakit anemia, bahkan juga cara mencegah adanya penyakit anemia. Semoga dengan berbagai penjelasan diatas, anda pun akan semakin paham dengan penyakit tersebut.

Ada baiknya jika dirasa ada berbagai gejala seperti diatas, anda segera memeriksakan kondisi kesehatan tubuh anda ke dokter. Lebih baik anda segera melakukan pencegahan sebelum semuanya semakin parah. Karena mencegah itu lebih mudah dibandingkan dengan mengobati. Jagalah selalu kesehatan tubuh anda dengan menerapkan pola hidup sehat disertai dengan olahraga yang teratur. Penuhilah segala asupan gizi yang dibutuhkan tubuh anda, agar tubuh selalu dalam kondisi yang sehat dan juga fit sepanjang harinya.