Ketahui Penyebab Muncul Bercak Merah Pada Kulit

Kulit merupakan bagian penting dari tubuh yang seringkali tidak luput dari gangguan kesehatan. Munculnya bercak merah pada kulit memang tidak selalu mengindikasikan adanya gangguan kesehatan yang serius. Namun memang tidak ada salahnya untuk lebih waspada ketika muncul bercak bercak pada kulit terlebih jika tidak merasa ada penyebab tertentu yang memicu munculnya bercak merah tersebut. Perlu diketahui pula bahwa kondisi kulit pada setiap individu berbeda. Ada yang memiliki kulit yang lebih sensitif terhadap berbagai pemicu dan ada pula yang tidak. Selain itu, bercak pada kulit yan ditandai dengan warna merah atau kemerahan juga bermacam-macam. Ada yang dibarengi dengan munculnya rasa perih atau sakit, ada pula yang disertai gatal, atau bahkan keduanya.

Bercak kemerahan pada kulit sering disebut juga dengan ruam. Penyebab utama munculnya ruam bisa karena berbagai hal seperti infeksi, alergi, gangguan sistem imunitas, suhu sekitar yang ekstrim, pengobatan tertentu, dsb. Tidak jarang pula ruam dikulit yang disebabkan oleh penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok dikulit sehingga menyebabkan reaksi perubahan warna kulit. Ada dua jenis gangguan kulit yang ditandai dengan munculnya bercak kemerahan yang disertai dengan keluhan lainnya seperti gatal atau perih. Berikut penjelasannya:

  • Pertama, bercak kemerahan dikulit yang disebabkan karena biang keringat. Ini adalah hal yang paling umum. Selain ruam, biasaya kondisi ii menyebabkan timbulnya bintik bintik yang kadang melebar menjadi bentuk seperti luka yang melepuh. Biasanya bercak kemerahan ini disertai dengan rasa gatal dan inflamasi ringan. Bagian kulit yang paling sering terkena biang keringat ialah dada, leher, wajah, paha, dan bagian tubuh dengan kulit yang melipat atau tersembunyi. Karena dibagian tubuh inilah, keringat lebih sering terperangkap dikulit dan menyebabkan munculnya biang keringat. Penyebab utama biang keringat memang karena terperangkapnya keringan dijaringan kulit yang dipicu karena faktor suhu yang ekstrim, lembab, serta penggunaan pakaian yang tidak mampu menyerap keringat dengan baik. Gangguan kulit yang satu ni tidak dianggap membahayakan dan bisa diatasi sendidi dirumah. Beberapa cara untuk mencegah munculnya bercak merah penyebab biang keringat ialah dengan menghindari hal-hal yang dapat memicu tubuh memproduksi keringat berlebih. Untuk mengatasi bercak merah pada kulit, gunakan lotion calamine atau krim hydrocortisone yang bisa dibeli diapotik.
  • Gangguan kesehatan kulit selanjutnya yang paling umum ditandai dengan munculnya bercak merah dikulit ialah eksim atau istilahnya dermatitis atopik. Kondisi ini biasanya paling umum menyerang bagian leher, pergelangan kaki, tangan, tungkai, dsb. Belum diketahui secara pasti penyebab utama munculnya gangguan kesehatan kulit yang satu ini. Namun diketahui ada beberapa pemicunya seperti kondisi kulit yang super sensitif sehingga mudah teriritasi, kelainan pada sistem imunitas tubuh, kulit kering, faktor gen, lingkungan, serta adanya infeksi bakteri staphylococcus aureus. Selain bercak kemerahan, gejala yang muncul lainnya berupa gatal, bersisik, kulit terasa kebas dan kasar, muncul benjolan berisi cairan, san inflamasi. Gangguan kesehatan kulit yang satu ini memerlukan penanganan dan tindakan medis dari dokter.

Jika muncul bercak kemerahan dikulit sebaiknya jangan langsung panik karena itu bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun jika bercak merah pada kulit dibarengi dengan keluhan lain seperti perih, gatal, bersisik, atau muncul benjolan, serta tidak kunjung menghilang selama beberapa hari, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter kulit. Dengan begitu bisa diketahui penyebab pastinya dan diambil tindakan yang sesuai untuk mengatasinya.