bayi

Ketahuilah Fenomena Kehamilan Unik Kembar Identik

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan kembar identik? Kembar identik adalah dua janin yang mana berasal dari satu sel telur lalu ia membelah. Dikarenakan berasal dari satu sel telur, biasanya dari segi fisik antara keduanya terbilang begitu mirip. Kebanyakan dari mereka kembar monozigotik hanya memiliki satu korion, satu plasenta, bahkan satu amnion. Tentunya untuk jumlah selaput amnion dan korion ini tergantung pada waktu pemisahan si janin bayi.

Jika janin bayi terpisah sebelum 72 jam yang pertama maka akan terbentuk dua korion dan dua amnion. Tentunya kembar identik ini ada berbagai hal yang membedakannya dengan kembar tidak identik. Ada berbagai hal yang meyakinkan bahwa seorang bayi bisa dikatakan bayi kembar identik. Lantas apa sajakah hal tersebut, berikut di antaranya:

Ciri-ciri wanita mengandung bayi kembar identik

Berat badan

Sudah pasti berat badan dari bayi yang kembar lebih rendah dari bayi tunggal sebab nutrisi yang masuk kedalam tubuh ibu telah terbagi. Bahkan bisa dibilang berat badan antara satu janin dengan janin yang satunya ini tidak sama tergantung dimana tempat implantasi dari plasentanya. Apabila plasentanya sudah menempel pada dinding yang sudah memiliki banyak pembuluh darah, maka janin tersebut tentunya akan lebih gemuk.

Jantung

Dengan adanya pembuluh darah yang saling bersambungan tentu saa bisa membuat sirkulasi darah tidak seimbang. Pada kehamilan kembar identik biasanya jantung bayi yang satu lebih menguasai jantung dan peredaran darah janin yang lainnya. Sehingga janin yang telah dikuasai bisa saja mengalami hambatan pada tumbuh kembangnya seperti halnya cacat fisik.

Pembuluh darah

Biasanya pembuluh darah yang ada pada kehamilan bayi kembar identik ini saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya. Untuk itu penolong perlu berhati-hati ketika memotong tali pusatnya. Ketika tali pusat bayi sudah dipotong selanjutnya tentu perlu diikat. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi perdarahan.

Meskipun sudah dikatakan sebagai bayi kembar identik, namun buka berarti seluruh perilaku keduanya maupun seluruh fisiknya itu sama. Bisa saja janin pada kehamulan kembar identik ini memiliki gen yang berbeda sehingga tampilan sifat maupun fisiknya juga berbeda. Pantas saja jika keduanya pernah terjangkit suatu penyakit yang berbeda ketika mereka sudah dewasa.

Ada pula suatu keajaiban lain dari kehamilan bayi kembar identik ini yaitu jenis kelamin kedua janin biasanya selalu sama. Hal ini mungkin saja diakrenakan sel telur yang sudah dibuahi hanya satu sperma sehingga kelamin yang dihasilkan bisa sama. Selain itu kembar identik ternyata mampu bertahan hidup lebih lama jika kita bandingkan dengan kembar dizigotik yang berasal dari dua sel telur. Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai bayi kembar identik.