Makan yang Dapat Menjaga Kolesterol Normal

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah kolesterol karena istilah ini sudah sering anda dengar atau anda lebih familiar dengan istilah kolesterol tinggi. Kolesterol adalah unsur lemak yang diproduksi di dalam tubuh oleh berbagai sel. Namun ΒΌ produksi kolesterol dalam tubuh itu dilakukan di dalam organ hati. Tubuh sangat membutuhkan kolesterol agar tetap dalam kondisi yang sehat. Produksi kolesterol dalam tubuh tidak boleh terlalu tinggi karena dapat menimbulkan peningkattan resiko terserang penyakit stroke, penyakit jantung, serta dapat mengganggu sirkulasi darah dalam tubuh.

Anda harus melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam tubuh untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan anda. Apalagi jika anda memiliki berat badan yang berlebih, memiliki riwayat tekanan darah yang tinggi, atau memiliki riwayat keluarga yang terkena penyakit jantung maka anda wajib melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam tubuh sejak berumur 20 tahun untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Dan jika setelah melakukan pemeriksaan ternyata kadar kolesterol dalam tubuh anda normal maka anda dapat kembali melakukan pemeriksaan yang sama 5 tahun kemudian. Akan tetapi jika setelah pemeriksaan ternyata kadar kolesterol dalam tubuh anda tinggi maka anda sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan medis lebih sering untuk melakukan antisipasi terkena penyakit lainnya yang membahayakan.

Dan untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh anda tetap normal, anda harus mengikuti pantangan-pantangan untuk menghindari makanan yang kaya akan lemak jenuh yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Lemak jenuh dapat dengan mudah ditemukan di dalam makanan yang proses pengolahannya digoreng, terdapat dalam margarin, serta makanan-makanan ringan yang sering dijadikan cemilan seperti biskuit. Berikut ini adalah daftar makanan yang harus anda konsumsi jika ingin menjaga kadar kolerterol anda tetap dalam keadaan dan jumlah yang normal dan juga stabil:

  1. Mengkonsumsi Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang kaya akan serat larut yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Dalam satu hari anda membutuhkan 5 sampai 10 gram serat larut di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi satu setengah cangkit oatmeal anda sudah memenuhi kebutuhan serat larut dalam tubuh anda. Anda juga dapat menambahkan berbagai macam buah untuk oatmeal terasa lebih enak.

  1. Mengkonsumsi kacang-kacangan

Saat sedang menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal anda harus memperbanyak memakan kacang-kacangan seperti hazelnut, almond, dan lain-lain. Karena kacang-kacangan tersebut dapat membantu anda untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Kacang-kacangan juga kaya akan serat yang bagus untuk tubuh anda.

  1. Menambahkan minyak zaitun pada makanan anda

Minyak zaitun banyak mengandung anti-oksidan yang mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Anda dapat menambahkan minyak zaitun pada makanan anda seperti salad buah, salad sayur, atau makanan-makanan lainnya.