Kesehatan

Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan kondisi dimana kadar asam urat di dalam darah meningkat sangat tinggi dan para penderitanya akan mengalami rasa sakit pada area tubuh tertentu. Biasanya terjadi di sekitar area persendian. Meningkatnya kadar asam urat di dalam darah ini bisa terjadi diakibatkan oleh makanan yang mengandung purin.

Makanan yang mengandung purin merupakan pantangan bagi penderita asam urat karena sangat tidak bersahabat bagi mereka. Karena rasa sakit yang ditimbulkan dari meningkatnya kadar asam urat di dalam darah akan sangat tidak nyaman, maka para penderita asam urat tinggi harus menghindari makanan yang menjadi pantangan tersebut untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah makanan pantangan bagi penderita asam urat:

  1. Hindari Memakan Jeroan Hewan

Jeroan hewan yang biasa di konsumsi seperti bagian hati, babat, usus, dan bagian organ dalam hewan lainnya harus benar-benar dijauhi dan dihindari. Hal ini dikarenakan bagian organ dalam dari hewan memiliki kandungan purin yang sangat tinggi sehingga dapat memicu timbulnya rasa sakit pada asam urat setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

  1. Menghindari Sayuran dengan Kadar Purin yang Tinggi

Meski sayuran tergolong ke dalam makanan yang sehat, namun ternyata ada juga beberapa sayuran yang memiliki kadar purin yang cukup tinggi seperti bayam, kacang polong, jamur, asparagus, serta kembang kol. Meski efek dari kadar purin yang berasal dari sayuran tersebut tidak terlalu masalah bagi timbulnya asam urat, namun tetap saja untuk menghindari serta membatasi pengkonsumsian sayuran dengan kadar purin yang tinggi.

  1. Kurangi Memakan Makanan Laut

Ada beberapa makanan laut juga memiliki kadar purin yang tinggi dan akan menimbulkan kambuhnya penyakit asam urat. Makanan laut memang sudah menjadi kegemaran banyak orang, namun akan sangat tidak bersahabat untuk para penderita asam urat. Yang harus benar-benar dikurangi dari makanan laut adalah pengkonsumsian kerang, ikan teri, ikan kembung, udang, kepiting, atau lobster.

  1. Hindari Meminum Bir

Jika memiliki riwayat asam urat maka penderitanya harus menghindari untuk mengkonsumsi bir. Karena jumlah kadar purin yang terdapat di dalam bir itu sangat tinggi dan akan sangat berbahaya bagi para penderita asam urat. Bir dapat menimbulkan tingginya kadar asam urat dalam darah yang selanjutnya akan menimbulkan nyeri pada bagian-bagian tubuh tertentu yang sangat tidak nyaman.

  1. Jangan Konsumsi Gula Berlebihan

Kandungan purin dalam gula itu sebenarnya sedikit. Namun bagi para penderita asam urat sangat disarankan untuk jangan mengkonsumsi gula secara berlebihan. Meski kadar purinnya sedikit, gula juga dapat menimbulkan penyakit lainnya seperti obesitas dan diabetes yang akan semakin memperparah penyakit asam urat yang diderita. Oleh karena itu jangan mengkonsumsi gula secara berlebihan.