Makanan Rendah Kalori

Friday, September 13th, 2013 - Gizi
Advertisement

Mengonsumsi makanan rendah kalori tidak hanya bermanfaat bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, tetapi juga bagi anda yang menginginkan tubuh sehat sebagai investasi kesehatan masa tua nanti. Beberapa makanan berikut ini diklaim memiliki kandungan jumlah kalori yang aman meski dikonsumsi setiap hari. Yang pertama adalah jenis kacang-kacangan, terutama kacang almond. Kacang almond merupakan anjuran cemilan sehat kala diet. Ini karena almond dapat mengontrol nafsu makan anda dan membuat anda tidak gampang lapar. Konsumsi almond panggang sebanyak 12 hingga 15 butir memberikan asupan kalori sebanyak 98 kalori. Selain kacang almond, kacang tanah juga merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang rendah kalori. Memakan segenggam kacang tanah rebus hanya memberikan 74 kalori untuk tubuh. Bila hasrat ingin mengemil sudah tak tertahankan, anda bisa mengonsumsi kacang tanah.

Makanan Rendah Kalori

Makanan Rendah Kalori Lezat

Makanan rendah kalori berikutnya tak hanya lezat, tetapi bernutrisi. Buah apel, buah dengan kandungan air tinggi ini dikenal sebagai buah yang ramah diet. Konsumsi satu buah apel berukuran sedang memiliki kandungan kalori hanya 80 kalori. Inilah mengapa hanya dengan mengonsumsi satu buah apel di pagi atau malam hari, anda sudah cukup merasa kenyang. Tetapi bagaimana bila anda sudah bosan dengan memakan apel? Anda bisa mengonsumsi buah rendah kalori yang lain, yakni buah pisang. Pisang bisa anda konsumsi langsung, atau dibuat menjadi smoothies. Segelas smoothies lezat dari campuran buah pisang dan susu rendah lemak akan memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap tubuh anda, mulai dari vitamin C, karbohidrat, vitamin B6, potasium, kalsium dan juga magnesium. Masih belum puas dengan variasi menu rendah kalori yang lezat? Coba mix buah-buahan segar dengan yogurt menjadi seporsi salad lezat. Atau anda juga bisa langsung mengonsumsi yogurt (pilih yang rendah lemak) dengan topping buah segar sebagai pelengkap menu makanan rendah kalori anda.

Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan

Buatlah satu porsi sandwich roti gandum dengan isi sayur, telur, atau daging. Ini adalah nutrisi yang cukup bagi tubuh. Bila anda termasuk orang yang mudah merasa lapar, maka perbanyaklah isi sayuran daripada telur atau daging dalam sandwich anda. Pilihan makanan rendah kalori yang mengenyangkan selanjutnya adalah oat. Menyantap cookies atau semangkuk oat yang dimasak bersama susu rendah lemak, adalah cemilan sekaligus menu sarapan yang sehat dan rendah kalori. Selain memberikan rasa kenyang yang lebih lama, oat juga akan membantu kelancaran sistem pencernaan tubuh anda.

Yang terakhir, ada kopi. Satu cangkir kopi hitam tanpa gula atau susu bahkan hanya mengandung kalori sebanyak 1 kalori. Kandungan kafein di dalam kopi juga bisa membuat anda lebih mudah berkonsentrasi, dan juga mengembalikan mood anda yang sedang turun. Nah, apakah anda sudah memasukkan daftar makanan rendah lemak di atas ke dalam menu diet dan keseharian anda?