Makanan sehat Ibu hamil yang perlu diperhatikan

Kehamilan merupakan hal sangat ditunggu-tunggu dalam kehidupan rumah tangga setiap pasangan yang ada di dunia ini. Saat tengah mengandung janin, perempuan sebentar lagi akan segera menjadi seorang ibu. Dan saat sedang hamil, seorang ibu harus menjaga janin yang ada di dalam kandungannya agar tetap sehat dan berkembang sebagaimana mestinya. Dalam menjaga janin dalam kandungan seorang ibu harus memberikan asupan nutrisi yang cukup kepada sang jabang bayi yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu saat hamil pastikan untuk memakan makanan yang memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin yang ada di dalam kandungan.

Nutrisi yang baik terkandung dalam makanan-makanan sehat ibu hamil yang bagus untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan. Seorang ibu harus bisa melawan rasa mual yang terjadi jika melihat atau menemui makanan-makanan tertentu yang sebenarnya makanan tersebut mengandung banyak sekali kebaikan bagi ibu dan janin yang ada dikandungan. Rasa mual harus bisa dilawan demi kesehatan ibu dan janinnya selama masa-masa kehamilan.

Berikut ini makanan-makanan sehat dan sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin

  1. Telur

Seorang ibu hamil jangan menghindari memakan telur. Karena di dalam sebuah telur terkandung banyak manfaat. Telur mengandung 12 vitamin dan mineral yang penting untuk pertembuhan sang jabang bayi. Serta telur juga mengandung kolin yang berfungsi untuk pembentukan sistem saraf dan pertumbuhan otak.

  1. Kacang-kacangan

Pada umumnya seorang ibu hamil sering kali mengeluh karena mengalami gangguan pencernaan yang cukup mengganggu yaitu, sembelit. Selain buah, kacang-kacangan dapat membantu para ibu hamil yang memiliki keluhan pada pencernaannya. Karena kacang-kacangan mengandung zat besi, kalsium, serta erat yang baik untuk mengatasi masalah pencernaan pada ibu hamil.

  1. Daging

Bagi para ibu hamil jangan pernah menghindari daging, karena daging merupakan sumber protein utama yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Dan saat memilih daging untuk ibu hamil, pastikan bahwa daging harus bebas lemak.

  1. Sayuran hijau

Makanan sehat ibu hamil lainnya yang jangan dihindari oleh ibu hamil adalah sayuran hijau. Karena sayuran hijau memiliki banyak kandungan vitamin diantaranya adalah vitamin A, C, K, Asam Folat, dan zat besi yang sangat berguna bagi tubuh ibu hamil dan janin yang ada di kandungannya. usahakan untuk mengkonsumsi sayuran hijau ini tiga kali dalam sehari, dan pastikan sayuran yang dimasak tidak terlalu lama dimasak atau dipanaskan hingga berkali-kali.

  1. Buah-buahan

Seperti yang kita ketahui, buah-buahan memang kaya akan nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungannya. Buah-buahan ini mengandung 600-800 mikrogram asam folat yang berfungsi untuk pembentukan tulang, gusi, pembentukan sel-sel baru, dan membantu proses penyembuhan luka. Asam folat ini tidak hanya bermanfaat untuk para ibu hamil, asam folat juga sangat berguna bagi janin yang ada di dalam kandungan.