Makanan Untuk Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan

Menjadi ibu hamil tentu menjadi dambaan bagi setiap wanita,  namun banyak yang perlu di perhatikan saat masa kehamilan, kesehatan tentunya menjadi hal yang utama,  untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin anda, yaitu dengan asupan makanan yang perlu di perhatikan tentunya mengkonsumsi makan 4 sehat 5 sempurna, makanan yang banyak mengandung protein, asam folat,  dan juga vitamin baik untuk kehamilan. Seperti hati sapi, kacang-kacangan, sayuran hijau  seperti bayam, brokoli, juga sangat penting untuk ibu hamil dan janinnya. Tablet tambah darah juga harus dikonsumsi oleh ibu hamil agar tidak mengalami anemia atau kekurangan darah.  Dan berikut ulasan lebih lanjut mengenai apa saja yang harus di konsumsi oleh ibu hamil :

  1. Sarapan Sereal

Di pagi hari sebagian ibu hamil memang kesulitan untuk menentukan makanan apa yang bisa di konsumsi, karena merasakan mual, muntah dan kehilangan nafsu makan. Sereal bisa menjadi pilihan jika ibu hamil tidak sanggup untuk mengkonsumsi roti atau nasi untuk sarapan, dengan varian rasa yang beragam, dan rasa sereal mengandung vitamin B, Mineral, Karbohidrat, dan kalsium yang dapat disesuaikan dengan selera ibu, dan untuk kebutuhan nutrisi janin, kandungan pada gandum yang terdapat pada sereal membantu memberi energy untuk ibu hamil.

  1. Susu

Konsumsilah susu khusus untuk ibu mengandung, kandungan yang ada di dalam susu akan membantu untuk jaringan baru pada sang bayi, memperbaiki jaringan-jaringan rusak hingga pembentukan otot juga transportasi oksigen menuju janin. Susu juga mengandung mineral dan protein untuk perkembangan janin, susu kedelai bisa menjadi pilihan ibu agar memenuhi kebutuhan vitamin D.

  1. Buah-buahan dan Sayur

Kehamilan trimester awal, vitamin C sangat diperlukan untuk ibu dan janin, berfungsi menambah kekebalan tubuh dari infeksi, buah jeruk contohnya, ibu dapat membuat jus jeruk misalnya, dan asupan makanan harus kaya akan kandungan zat besi, untuk mencegah anemia. Dan sayuran sayuran yang mengandung zat besi untuk meningkatkan hemoglobin ke sel tubuh juga untuk memberikan asupan energy.

  1. Ikan

Tentu saja ini sangat penting, kandungan proteinnya sangat diperlukan, dan asam omega 3 bisa membantu pertumbuhan otak untuk sang janin, pilihlah ikan yang benar-benar segar dan bebas pengawet, hindari mengkonsumi ikan yang setengan matang karena akan meningkatkan lemak di dalam tubuh.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan berperan untuk pembentukan system syaraf pada janin, misalnya kacang hijau yang mempunyai asam folat serta vitamin B, selain itu kacang-kacangan berfungsi sebagai daya tahan tubuh bagi ibu hamil muda.

  1. Vitamin dan Air

Keduanya sangat penting untuk ibu hamil, perbanyak mengkonsumsi air puih atau mineral, apalagi jika anda masi mengalami mual-mual, air mineral yang di campur dengan sari buah tanpa gula, dapat membantu meredakan rasa mual pada ibu hamil, dan vitamin tentunya sangat di perlukan, konsultasilah kepada bidan atau dokter agar mendapatkan vitamin yang sesuai untuk kehamilan anda.