Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Juga Baik Untuk Perkembangan Janin

Menjalani kehamilan bagi seorang ibu tidaklah mudah. Terlebih, periode masa kehamilan juga tidaklah sebentar yaitu memakan waktu rata-rata 9 bulan. Mencari tahu apa saja makanan untuk ibu hamil yang juga baik untuk menjaga perkembangan janin adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Meskipun makanna bukan menjadi stau-satunya faktor penentu kesehatan ibu dan janin, namun maknan bernutrisi menjadi salah satu kunci sehatnya perkembangan janin dalam kandungan begitupu untuk sang ibu. Maka, memilih maknan yang bernutrisi baik untuk ibu dan janin adalah keharusan. Jika calon ibu memiliki fisik yang sehat dan kuat, maka kandungan juga akan sehat dan berkembang secara normal.

Makanan untuk ibu hamil dengan nutrisi baik

Nutrisi merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan calon ibu dan janin dalam kandungan. Banyak yang salah memahami konsep asupan makanan saat hamil. Banyak yang mengira bahwa saat hamil maka porsi makan menjadi dua kali lipat. Padahal, yang benar adalah porsi makan seimbang dan penuh dengan nutrisi baik. Bahkan faktanya, ibu hamil hanya memerlukan tambahan 300 kalori untuk asupan makanan kesehariannya. Jadi bukan kuantitas yang menjadi perhatian namun kualitas makanan. Berikut informasi makanan apa saja yang baik untuk ibu hamil:

  • Sayuran dan buah mengandung mineral dan vitamin yang beragam. Disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsinya sebanyak lima porsi yang terdiri dari sayuran dan buah yang bervariasi. Kedua makanan ini juga mengandung serat yang baik untuk mendukung masa kehamilan. Sayuran dan buah yang baik untuk ibu hamil seperti bayam, kale, pisang, pepaya, dll.
  • Makanan berprotein seperti daging tanpa lemak, telur, dan ikan adalah asupan penting yang harus dimasukkan dalam menu harian ibu hamil. Telur mengandung kolin yang baik untuk perkembangan otak janin. Sedangkan ikan baik untuk menjaga keseimbangan hormon dan mood sang ibu meskipun juga memang baik untuk perkembangan otak janin dengan kandungan omega 3 pada ikan.
  • Makanan yang mengandung karbohidrat juga penting untuk ibu hamil seperti gandum, yang mengandung serat selenium dan vitamin E. Selain gandum, ibu hamil juga bisa memperoleh karbohidrat dari nasi merah, pasta, maupun roti.
  • Kacang-kacangan baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan ibu serta janin seperti folat, kalsium, seng, zat besi, serat, dll.
  • Susu dan produk olahannya seperti yoghurt juga baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan karena kandngan kalsium bisa menjaga kesehatan tulang ibu dan membantu perkembangan tulang janin.

Perlu diperhatikan bahwa ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi makanan mentah terutama protein hewani seperti daging merah, ikan, ataupun telur. Ini karena makanan tersebut mengandung bakteri hidup yang bisa membahayakan kesehatan janin. Selain itu, hindari juga makanan kalengan atau cepat saji. Lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan rumahan yang lebih terjamin kesegaran bahannya serta cara pengolahannya.

Selain menjaga asupan makanan sehari-hari, penting juga untuk ibu hamil menerapkan gaya hidup sehat seperti menjaga tubuh agar tetap tidak kekurangan cairan, mendapat istirahat yang cukup, tidak melakukan aktifitias yang memforsir kinerja tubuh, tidur yang cukup, serta melakukan olahraga rutin yang tidak membahayakan janin. Itulah informasi seputar makanan untuk ibu hamil yang wajib anda ketahui dan aplikasikan dalam menu sehari-hari selama masa kehamilan. Dengan begitu, janin akan berkembang dengan sehat dan ibupun siap untuk melahirkan.