Makanan yang dapat Dijadikan Obat Penurun Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan suatu kondisi dimana kadar kolesterol dalam darah sudah melebihi batas wajar. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan anda dapat dengan mudah terserang berbagai penyakit yang dapat membahayakan nyawa anda. Penyakit-penyakit yang selalu menghantui para penderita kolesterol tinggi ini selalu saja dihubungkan dengan penyakit stroke serta serangan jantung. Oleh karena itulah mulai sekarang hindari makanan-makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah meningkat.

Makanan-makanan yang harus dihindari oleh mereka yang memiliki riwayat kolesterol tinggi adalah makanan yang memiliki lemak jenuh. Makanan yang harus benar-benar dihindari bahkan mulai ditinggalkan tersebut meliputi daging kambing, makanan laut, makanan-makanan bersantan, jeroan hewan dan lain-lain. Jika anda sudah mengetahui bahwa anda memiliki riwayat kolesterol tinggi maka mulailah untuk mengubah pola makan anda. Karena makanan sehat dapat dijadikan sebagai obat penurun kolesterol yang alami. Saat ini sudah banyak sekali obat penurun kolesterol yang dijual di pasaran, namun obat-obatan seperti itu akan lama kelamaan akan berdampak buruk bagi ginjal. Dan berikut ini adalah makanan yang dapat dijadikan sebagai obat penurun kolesterol:

  1. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Jika anda memiliki riwayat kolesterol yang tinggi maka anda harus mengkonsumsi bayam secara rutin untuk mewaspadai meningkatnya kadar kolesterol dalam darah anda. Selain g dapat diolah menjadi sayur berkuah yang biasa kita konsumsi, bayam juga dapat dijadikan sebagai jus untuk diminum. Olahan bayam tersebut dinilai ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

  1. Beras merah

Beras merah merupakan beras yang memiliki banyak kandungan bermanfaat di dalamnya yang baik untuk tubuh. Di dalam beras merah terdapat kandungan vitamin B, selium, fitonutrien, dan magnesium. Saat anda mengkonsumsi beras merah maka akan sangat membantu untuk menurunkan lemak darah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, beras merah juga ampuh untuk mengurangi kadar gula dalam darah.

  1. Alpukat

Buah yang satu ini merupakan buah yang kaya akan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh. Lemak jenuh yang terdapat dalam buah alpukat akan membantu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat LDL yang dapat membahayakan tubuh. Oleh karena itu alpukat menjadi makanan wajib yang perlu dikonsumsi agar kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dapat menurun.

  1. jeruk nipis

Kandungan flavonoid di dalam jeruk nipis ini terbukti ampuh untuk mencegah meningkatnya produksi kolesterol jahat LDL di dalam tubuh manusia. Itu berarti saat anda mengkonsumsi jeruk nipis maka anda sudah mengurangi terjadinya resiko serangan jantung yang dapat terjadi diakibatkan oleh kadar kolesterol jahat yang meningkat di dalam darah. Anda dapat mengkonsumsi perahan jeruk nipis ini secara rutin.