Kesehatan

Mari kita mengenal kista Ganglion

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan Kista Ganglion ini? Kista Ganglion merupakan suatu benjolan ataupun tumor yang ada pada bagian atas persendian. Biasanya benjolan tersebut akan nampak layaknya sebuah kantung dengan cairan bening dan bertekstur kentah bahkan lengket. Sedangkan untuk ukuran dari kista ganglion ini memang beragam sekali. Mulai dari yang kecilnya sekecil kacang polong hingga berukuran sebesar bola golf. Biasanya kista ganglion ini akan sering terjadi pada bagian punggung tangan tepat pada bagian pergelangan tangan anda.

Benjolan pun bakalan terlihat jelas ketika anda sedang menekuk pergelangan tangan anda ke bawah. Namun secara pasti penyebab dari ganglion ini belum diketahui. Ada sebuah teori yang menyebutkan bahwa kista ganglion ini terjadi karena suatu trauma yang bisa menyebabkan jaringan yang ada dibawah kulit mengalami suatu kerusakan. Jaringan yang telah rusak tadi selanjutnya akan membentuk suatu kista kecil dan nantinya bisa bersatu membentuk benjolan yang lebih besar lagi.

Lantas apa sajakah yang menjadi penyebab dari kista ganglion ini? Supaya anda tidak merasa penasaran lagi. Inilah berbagai macam faktor yang menjadi penyebab seseorang terkena kista ganglion. Di antaranya:

  • Memiliki jenis kelamin wanita
  • Usia antara 20 hingga 40 tahun
  • Mempunyai riwayat tendon dan cedera persendian
  • Mengidap suatu penyakit osteoarthritis pada sendi tangan yang mana berdekatan dengan kuku jari

Pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi kista Ganglion

Ada sebagian besar kista ganglion yang tidak membawa gejala sehingga anda tak perlu melakukan penanganan apapun. Berbeda lagi jika ganglion dalam tubuh anda sudah menghadirkan rasa sakit tentunya anda perlu segera memeriksakan kondisi tubuh anda ke dokter. Biasanya sang dokter bakalan memberikan suatu saran kepada anda untuk melakukan beragam tindakan berikut ini:

Melakukan operasi

Langkah operasi ini harus anda lakukan ketika benjolannya telah menimbulkan rasa nyeri, tergelitik atau bahkan mati rasa sehingga bisa menghambat aktivitas keseharian anda. Biasanya dokter bedah pun bakalan menentukan jenis operasinya berdasarkan pada pertimbangan lokasi kista ganglion, jenis anestesi yang telah dipilih bahkan pilihan yang terbaik sesuai dengan kondisi tubuh.

Melakukan imobilisasi

Tentunya pengobatan ganglion bisa dilakukan dengan tindakan imobilisasi dengan memanfaatkan bidai yang bisa dijadikan menjadi pilihan terapi yang paling tepat. Hanya saja penggunaan dari bidai ini tidak disarankan dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini dikarenakan bisa menimbulkan kelemahan otot. Maka dari itu, sebaiknya anda segera berkonsultasi pada dokter mengenai durasi dari penggunaan bidai tersebut.

Melakukan aspirasi

Kini pengobatan untuk ganglion bisa dilakukan dengan cara aspirasi. Aspirasi ini merupakan suatu cara melakukan penarikan cairan yang bisa anda gunakan sebagai penegak diagnosis atau bahkan terapi sekalipun. Biasanya dokter bakalan menggunakan sebuah jarum yang bisa menarik cairan yang ada dala kista ganglion ini hingga ukurannya semakin kecil bahkan menghilang sekalipun.