Cara Mengetahui dan Menghitung Masa Subur Wanita

Untuk sebagian pasangan yang baru menikah,atau mungkin adan telah menikah lama tapi belum juga mempunyai momongan, tentunya anda  sudah tidak sabar ingin memiliki momongan, hal tersebut pasti yang dinantikan oleh pasangan baru maupun anda yang belum mempunyai momongan pasca menikah dengan kurun waktu yang lama, namun ada beberapa yang perlu anda ketahui, mengetahui masa subur anda,tidak ada salahnya kan mengetahu masa subur pada diri ansa? Hal ini bisa menjadi patokan ketika anda ingin cepat hamil, dan dengan hal tersebut tentunya akan sangat membantu, karenanya pada masa subur lah terjadinya ovulasi, dimana sel telur yang dilepaskan dari ovarium atau indung telur menuju kepada saluran indung telur atau tuba fallopi. Pembuahan pun hanya bisa terjadi saat setelah ovulasi, oleh karena itu mengetahui masa subur anda itu sangat penting, umunya masa subur bergantung kepada siklus menstruasi atau haid, tentulah masa subur setiap wanita pun berbeda beda, mengingatnya siklus haid yang berbeda juga, berikut penjelasan bagaimana mengetahui dan menghitung masa subur anda :

Kapankah masa subur anda?

Umunya masa subur akan terjadi saat ovulasi, perkiraan dalam waktu 5 hari sebelum terjadinya ovulasi, rata –rata masa subur wanita terjadi sekitar 12-16 hari sebelum siklus haid yang berikutnya, atau wanita mengalami masa subur antara 10-17 hari lamanya, setelah hari kesatu siklus haid sebelumnya. Perhitungan di atas, berlaku untuk wanita yang masa suburnya teratur, yakni 28 hari, namun bila siklus haid anda berbeda, anda pun dapat mulai menghitung pada hari pertama siklus haid anda, dengan perhitungan yang tidak jauh berbeda. Yang menjadi tantangannya yakni masa terjadinya  haid wanita tidak sepenuhnya konsisten, dan kadang dapat berubah- berubah dengan waktu yang berbeda-beda, biasanya 2-7 hari lamanya, kondisi tersebut membuat ovulasi dapat berubah satu minggu lebih awal lebih cepat, atau sebaliknya lebih lama. Di lain sisi pun kehamilan sangat bergantung pada proses sperma yang menjangkau sel telur, agar cepat hamil, sel telur matang dibuahi dengan kurun waktu 12- 24 jam.

Singkatnya waktu 12-24 jam waktu dari sel telur yang perlu dibuahi menjadikan pentingnya mendeteksi pada setiap harinya apakah anda berada dalam posisi tidur yang subur, biasanya masa subur ini terhitung berdasarkan analisis siklus haid setidaknya selama 8 bulan terakhir, anda dapat menghitung dengan menggunakan rumus berikut, Perlu diketahui tanggal Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) supaya dapat menentukan umur kehamilan dan tafsiran persalinan dengan rumus Neagle. Yaitu : Menghitung HPHT/Tafsiran Persalinan (Rumus Neagle) : Hari + 7,Bulan – 3, tahun +1

 

Contoh :

HPHT :  Tanggal 13 bulan 4 tahun 2018

Tafsiran persalinan : 13+7, 04-3, 2017+1

Jadi hasislnya : Tanggal 20-07+2018

Namun jika HPHT anda terjadi pada rentang waktu Januari –Maret maka rumusnya menjadi : (Tanggal + 7 Hari), (Bulan +9), (Tahun+0)

Contoh :

HPHT : 10-01-2017

Tafsiran persalinan = (10+7),(1+9),(2017+0)

Jadi hasilnya = 17-10-2017 atau 17 oktober 2017

Rumus di atas hanya dapat dipakai jika siklus haid ibu teratur yakni 28-30 hari. Jika siklusnya tidak teratur, untuk memperkecil kesalahan harus di koreksi :

Siklus haid pendek (26 hari). Bila perkiraan tanggal 13 maret maka dimundurkan dua hari menjadi 15  hari.

Siklus haid panjang (40hari). Bila perkiraan 12 maret di tambah 12 hari menjadi 24 maret.

Untuk memperkuat prediksi masa subur anda, ada beberap cara mengetahui masa subur anda seperti :

  1. Suhu basal pada tubuh anda mulai meningkat, suhu basal merupakan suhu tubuh anda pada pagi hari, tepatnya saat anda baru bangun, suhu basal yang normal biasanya 35,5-36,6 derajat. Lain hal jika suhu anda naik seidikit dari suhu biasanya, ini berati anda sudah mengalami ovulasi 1-2 hari terakhir.
  2. Lendir muncul berasal dari mulut Rahim, adanya lendir seperti lendir kental, basah, dan semi transparan, menujukan perubahan pada kadar hormon, estragon tubuh anda, dan pertanda apakah ssedang terjadi ovulasi. Masa subur anda terjadi saat cairan tersebut menjadi lebih bening, elastis dan lebih licin, dan mirip contohnya putih telur yang mentah, cairan tersebut lah yang akan melindungi jalannya sperma meuju tuba fallopi dan bertemu sel telur.
  3. Nyeri ringan dan berat pada bagian perut atau bagian punggung, sebagian wanita akan merasakan hal demikian, namun jangan khawatir, rasa subur tersebut dapat memudahkan mendeteksi masa yang paling subur.
  4. Anda lebih bergairah, dan lebih bersemangat, juga akan cepat bersosialisasi saat masa kesuburan ini.

Mengetahui detail siklus haid yang terjadi pada anda, apa saja sih yang dapat terjadi setelah siklus haid wanita? Berikut merupakan detail siklus haid yang terjadi secara umum :

  1. Hari ke 1 sampai hari ke 5
  • Terjadinya menstruasi karena tidak adanya pembuahan atau berate anda tidak sedang mengalami kehamilan
  • Progesterone dan estrogen menjadi rendah
  • Suhu tubuh anda 35,5-36,6 derajat
  1. Hari ke 6 sampai hari ke 7 : otak akan memproduksi hormon-hormon dan akan merangsang pembentukan sel telur.
  2. Hari ke 8 : hari ke-8 dapat lebih lama hingga hari ke 12, dinding Rahim akan kembali menebal, juga membuat suplai pembuluh darah menjadi lebih meningkat, sebagai tanda mempersiapkan dan menerima sel telur yang akan dibuahi.
  3. Hari ke 10 : lendir pada bagian vagina menjadi lebih lengket dan pekat
  4. Hari ke 12 : lendir pada bagian vagina akan menjadi lebih jernih, elastis dan licin, menandakan bahwa ovulasi semakin dekat. Meskipun ovulasi masi beberapa hari lagi, hubungan seksual pada masa ini akan membuahkan kehamilan, karena sperma masih dapat bertahan 2 sampai 5 hari di dalam tubuh anda.
  5. Hari ke 13 ini estrogen akan meningkat lebih drastis meskipun akhrinya akan menurun.
  6. Hari ke 14 estgrogen mulai menurun, hal inilah memicu produksi pada hormone lain akan menyebabkan lepasnya sel telur dari ovarium, ini lah yang disebut ovulasi dan sel telur dapat bertahan 12 sampai 24 jam.
  7. Hari ke 15-22 ketika tidak terjadi pembuahan berate masa subur anda telah berakhir dan warna lendir akan lebih pekat dan keruh
  8. Hari ke 25-27, jika sebelumnya tidak jadi pembuahan, kadar prgesteron anda akan menurun lendirpun menjadi lebih kental dan tidak bisa diproduksi sama sekali.
  9. Pada hari ke 28 ini karena tidak terjadi pembuahan, kadar hormone dan estrogen juga progesterone lebih menurun lagi, dan menurunnya hal tersebut maka keeskona harinya menstruasi akan segera di mulai kembali.

Dengan cara menghitung juga memperkirakan masa subur anda setelah haid, tentu saja hal ini dapat membantu anda dalam merencakan kehamilan, demikian cara mengetahui cara menghitung masa subur anda, semoga dapat membantu.